4 Jurusan Langka di Indonesia dengan Prospek Karier Menjanjikan!

4 Jurusan Langka di Indonesia dengan Prospek Karier Menjanjikan!



Mencari jurusan adalah hal yang akan dilakukan oleh banyak siswa SMA yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan. Biasanya calon mahasiswa akan banyak mencari informasi-informasi terkait jurusan kuliah yang akan dipilihnya nanti.


Jurusan kuliah di Indonesia pada umumnya ada banyak, Namun, kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui jurusan yang peminatnya banyak atau biasanya diunggulkan. Jurusan-jurusan tersebut umumnya tersedia di sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia. 


Pada postingan kali ini aku akan membagikan beberapa jurusan kuliah yang terbilang langka di Indonesia. Walaupun terbilang langka, namun jurusan-jurusan ini juga memiliki prospek karier yang besar. Mau tau apa aja, jurusan langka di Indonesia? Yuk disimak teksnya!

Baca Juga : 9 Jurusan Yang Cocok Untuk Anak IPS

1. Jurusan Seni Karawitan

Apa itu Karawitan? Karawitan adalah seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog. Kesenian ini terkenal di Pulau Jawa dan Bali. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari tentang  berbagai instrumen musik tradisional seperti suling, kecapi, rebab, gamelan, dan gendang. Tidak hanya belajar memainkan alat musik, kamu juga akan belajar teknik vokal dalam musik tradisional, khususnya lagi “nyinden”.


untuk prospek kerja dari jurusan ini, setelah kamu lulus  kamu akan menjadi seorang komponis musik, kurator musik, guru musik, dan bahkan bisa jadi musisi lho!


Daftar PTN untuk jurusan ini terbilang cukup banyak, ISI Yogyakarta, ISI Denpasar, ISBI, ISI Padang, dan ISI Surakarta.


2. Jurusan Sastra Jawa

Dilihat dari nama jurusannya tentunya jurusan ini hanya ada di Indonesia, pada jurusan ini kamu akan mempelajari tentang kebudayaan Jawa, Sastra Jawa, dan hal-hal yang berkaitan dengan Jawa. Jurusan ini pas banget buat kamu yang mau melestarikan kebudayaan Jawa agar tidak hilang ditengah-tengah masyarakat.


Seorang lulusan program studi Sastra Jawa dapat bekerja sebagai ahli bahasa, peneliti kebudayaan Jawa, dosen dan guru Bahasa Jawa, atau penerjemah.


Daftar PTN yang terdapat jurusan ini adalah, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, dan Universitas Negeri Semarang.

Baca Juga : Ini 6 Jurusan Anak IPS Yang Sering Direbut Anak IPA

3. Jurusan Tasawuf Psikoterapi

Tasawuf Psikoterapi adalah sebuah program studi yang menggabungkan 2 disiplin ilmu, yaitu Tasawuf dan Psikoterapi. Tasawuf atau yang kerap disebut Sufisme dalam agama islam adalah sebuah salah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihkan akhlaq, membangun lahir dan batin serta untuk memperoleh kebahagian yang abadi. Sementara itu Psikoterapi sendiri adalah usaha penyembuhan untuk masalah yang berkaitan dengan pikiran, perasaan dan perilaku. Jurusan ini pas untuk kamu yang ingin mendalami ilmu agama Islam.


Prospek karier yang akan kamu nikmati setelah lulus dari jurusan ini adalah, menjadi Psikoterapis, Trainer Psikoterapis, Terapis bagi anak berkebutuhan khusus, Konsultan bagi keluarga/masyarakat, dan menjadi motivator.


daftar PTN yang terdapat jurusan ini yaitu, Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulung Agung.

Baca Juga : 11 Sekolah Kedinasan Di Indonesia Part 1

4. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

diurutan ke-4 Jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesa. Pada jurusan ini kamu akan bertemu mata kuliah Filsafat ilmu, Fonologi, Morfologi, wacana bahasa Indonesia, teori belajar bahasa, dan masih banyak lagi.


Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Melalui prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia ini akan membentuk pengajar-pengajar profesional yang tidak hanya bisa sebagai pengajar di lembaga pendidikan formal, tapi juga lembaga pendidikan informal.


Daftar PTN yang terdapat jurusan ini yaitu, Universitas Pasundan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Pekalongan.


Itulah beberapa jurusan yang langka yang hanya ada di Indonesia. Semoga melalui postingan ini bisa memberikan pilihan buat kamu tentang jurusan yang akan kamu masuki nantinya. Jika ada pertanyaan terkait artikel kali ini, jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar nanti aku akan membalasnya.

Baca Juga : 8 Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "4 Jurusan Langka di Indonesia dengan Prospek Karier Menjanjikan!"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel