6 Jurusan Anak IPS Yang Bisa Diambil Oleh Anak IPA

6 Jurusan Anak IPS Yang Bisa Diambil Oleh Anak IPA

Bagi siswa yang kini sudah menginjak kelas 12 sudah mulai memasuki fase untuk memilih jurusan kuliah. Beberapa siswa tak jarang ada yang dilema saat akan memilih jurusan kuliah yang akan dimasukinya kelak.

Karena diluar sana ada sangat banyak sekali jurusan, kamu perlu memilih secara baik-baik dengan pertimbangan yang matang. FYI, ada beberapa bidang studi yang memiliki jurusan atau spesialisasi berbeda. Disinilah kamu harus bisa memilih yang benar-benar sesuai denganmu dan dengan apa yang kamu butuhkan.

Baca juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Kamu Ngak Nyesel Nanti!


Nah, pada postingan kali ini admin akan ngebahas tentang 6 jurusan kuliah IPS yang bisa diambil oleh para siswa IPA. Sebetulnya sih, jurusan-jurusan IPA bisa juga dipelajari oleh anak IPS kalau ada niatnya. Okeh, langsung saja disimak artikelnya.


1. Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia dalam mengambil setiap keputusannya. Ilmu psikologi ini sering kali dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah atau mencari solusi tepat dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks. 

Jurusan yang sangat kental dengan anak IPS ini, tidak bisa dipungkiri telah menjadi salah satu jurusan yang sangat diminati oleh anak IPA setiap tahunnya. Universitas yang terdapat jurusan ini contohnya : UI, UGM, UNDIP, UNAIR, UNPAD, UNJ, UB, dan UNAND.


2. Akutansi

Banyak dari kita sudah tidak asing lagi dengan jurusan yang satu ini Yup! Akutansi. Akutansi adalah jurusan yang mempelajari tentang metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Akuntansi memang dikenal sangat dekat dengan angka, namun seiring perkembangannya akuntansi juga sangat dipengaruhi oleh tingkah laku manusia. 

Banyak perguruan tinggi negeri yang terdapat jurusan ini diantaranya : UI, UNPAD, UNY, USU, UPI, UNAIR, dan masih babyak lagi.

Baca juga : Ini Tata Cara Pendaftarannya KIP-Kuliah 2021


3. Ilmu Hukum

Siapa yang tidak kenal dengan pengacara kondang Hotman Paris? Pengacara terkenal yang tidak dapat diragukan lagi kepandaiannya dalam menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan hukum. 

Ilmu hukum adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan maupun kegiatan bisnis. Di Ilmu Hukum, kamu juga belajar mengenai perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas. 

Daftar PTN yang terdapat jurusan yang satu ini adalah : UGM, UNDIP, UI, UNPAD, UNS, UNIBRAW, UNAIR, dan masih banyak lagi lainnya.


4. Ilmu komunikasi

Ilmu Komunikasi atau yang biasa disingkat ILKOM merupakan induk dari beberapa ilmu turunannya seperti Jurnalistik, Public Relation (Hubungan Masyarakat), Komunikasi Pemasaran, Advertising (Periklanan), Penyiaran, Desain Komunikasi Visual, Performing Arts Communication, dan sebagainya. Jurusan yang kental dengan pelajaran anak IPS ini juga kerap menjadi pilihan progam studi anak-anak IPA.

Beberapa contoh PTN yang terdapat jurusan ini adalah : UI, UNPAD, UNAIR, UGM, UNJ, UPN Veteran Jakarta, dan masih banyak lagi. 


5. Manajemen

Manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat jurusan ini diantaranya: ITB, UGM, UNPAD, UNDIP, UI, dan masih banyak lagi.

Baca juga : 5 Tips Jitu Belajar Untuk Persiapan SBMPTN!!


6. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional adalah ilmu yang berkaitan erat dengan upaya suatu negara untuk menghadapi tantangan internasional seperti ketidakseimbangan perdagangan dunia, isu keamanan, masalah lingkungan secara global, dan kemiskinan melalui kerja sama antarnegara. 

Dijurusan ini teman-teman juga ditantang untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain, yups salah satu mapel wajib di kelas IPS kan?

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat jurusan Hubungan internasional adalah : UGM, UNAIR, UNDIP, UNRI, UI, UNPAD, dan masih banyak lagi.


Nah, itu adalah beberapa jurusan anak IPS yang bisa dipilih oleh anak IPA untuk dimasuki. Sebenarnya sih semua jurusan bisa kita pelajari tidak harus jurusan IPA atau jurusan IPS yang terpenting adalah niat untuk mempelajarinya. 

Oke terimakasih telah berkunjung di blogku, jika ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah yaa. Jangan lupa untuk bagikan postingan ini ke teman-teman kamu agar semakin banyak yang terbantu dengan postingan kali ini. 

Baca juga : 11 Jurusan ini Ternyata TANPA MATEMATIKA!!

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "6 Jurusan Anak IPS Yang Bisa Diambil Oleh Anak IPA"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel