5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Memilih Jurusan Kuliah

5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Memilih Jurusan Kuliah

Mahasiswa adalah panggilan untuk seseorang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi setelah menempuh pendidikan SMA/SMK atau yang setara. Mereka melanjutkan ke perguruan tinggi dengan bermaksud mengembangkan ilmu yang mereka peroleh di sekolah. 

Namun, tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa mahasiswa baru yang salah memilih jurusan kuliah dan berpikiran untuk mengakhiri untuk pindah jurusan lain. So, kenapa sih itu sering terjadi?? 

Baca Juga : Ini Penyebab Banyak Yang Gagal SBMPTN Setiap Tahunnya

Nah kali ini Pojok Mading merangkum 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Memilih Jurusan Kuliah yang akan kamu alami :


1. Pilih Jurusan Karena Ikut - Ikutan Teman

Manusia adalah mahluk sosial, oleh karna itu sudah sepatutnya kita berteman. Tapi, kalau masalah pilih-memilih jurusan sih lenih baik kamu jangan ikut-ikutan dengan teman-temanmu. Karena belum tentu kamu memiliki passion yang sama dengan temanmu. Lebih baik kamu memilih jurusan yang sesuai hobi + kemampuanmu sekarang. Misal, suka menggambar, menghitung, membuat pemprogaman, dan lain sebagainya.


2. Pilih Jurusan Karena Keinginan Orang Tua

Yang kedua ini adalah yang sering terjadi dalam salah memilih jurusan. Ini seringkali terjadi, masuk ke jurusan tertentu yang diinginkan oleh orang tua padahal kita tidak tertarik atau bahkan sama sekali engga paham sama jurusan dan latar belakang jurusan itu. Coba ajak bicara pelan-pelan dengan orang tuamu tentang kemauan dan kemampuanmu agar mereka mengerti. 


3. Pilih Jurusan Karena Reputasi Jurusan Kuliah

Berikutnya yakni, janganlah memilih jurusan dengan dasar mau dilihat "keren" atau "mantap abis" dan dinilai mempunyai wawasan yang tinggi, padahal dirimu belum memahami sepenuhnya jurusan kuliah itu secara utuh. Jurusan terbaik itu bukan dari prospek kerjanya dan akreditasinya, melainkan karena kamu senang dan mau bekerja keras untuk memahami konsep di jurusan tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Tes Potensi Skolastik (TPS) Di UTBK?


4. Terlalu Mementingkan Rasa Gengsi

Terkenal, bergengsi, terbaik, dan spesial itu tidak selalu menjadi tolok ukur utama untuk memilih jurusan kuliah. Jangan cuma mengejar nama universitasnya atau mengejar baju almamaternya, melainkan kembangkan kemampuanmu dengan semaksimal mungkin di tempat-tempat yang baik.


5. Memilih Jurusan Karena Terburu buru



Waktu pemilihan jurusan untuk kuliah sudah didepan mata. Alhasil kamu akan memilih "apa adanya" yang penting masuk. Ini nih yang akan kamu sesali nanti saat kamu masuk ke jurusan itu. Kenapa bisa begitu? Karena kamu belum memikirkan jauh-jauh hari untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu ini. 

Baca Juga : Wajib Baca Sebelum Mendaftar SNMPTN

Nah itu saja 5 kesalahan yang sering terjadi dalam pemilihan jurusan kuliah. Jangan sampai ini kejadian yah, karena akan berakibat fatal dikemudian harinya. Hal yang harus diperhatikan adalah terus menggali kemampuanmu dan kuatkan tekadmu agar bisa menjadi yang kamu inginkan. Cukup sekian dari saya, dan terima kasih atas kunjungannya..

Baca Juga : Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 Komentar untuk "5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Memilih Jurusan Kuliah"

  1. terima kasih kak atas informasinya. semoga sehat selalu

    BalasHapus
  2. sangat berguna bagi saya untuk memilih jurusan

    BalasHapus

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel