11 Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia (part 1)

11 Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia (part 1)



Pada saat sudah lulus dari Sekolah Menengah, banyak sekali jalur-jalur pendidikan yang dibuka untuk mendapatkan siswa baru setiap tahunnya.


Salah satunya adalah Sekolah Kedinasan yang dibawahi oleh parlemen kepemerintahan. Walaupun untuk memasuki sekolah kedinasan memiliki keketatan masuk yang hampir sama dengan PTN, bahkan lebih sulit ini memiliki banyak calon yang mendaftar naik setiap tahunnya, ini dikarenakan selain jumlah biaya yang tergolong lebih terjangkau, sekolah kedinasan juga menawarkan prospek karir yang menjanjikan, yaitu bekerja di kepemerintahan. 


Berikut sejumlah sekolah kedinasan yang bisa kamu pertimbangkan, melansir Rencanamu.id.


1. PKN STAN



Sekolah Kedinasan atau lebih akrab didengar PKN STAN ini kerap kali menjadi salah satu incaran para lulusan sekolah menengah. Sekolah Tinggu Akutansi Negara merupakan sekolah yang bergerak di bawah badan keuangan, dan Pelatihan Keuangan, Kementrian Keuangan Republik Indonesia. 


STAN sangat menarik minat para calon mahasiswa baru karena selama pendidikan tidak dipungut biaya dan tidak asrama. Kemudian sistem STAN menggunakan ikatan dinas dan setelah lulus PKN STAN akan langsung diangkat menjadi CPNS.


STAN mempunyai program studi yang diselenggarakan untuk lulusan SMA, MA, dan SMK dengan jenjang jurusan Diploma I dan III.


Daftar Jurusan STAN sebagai berikut:

~ Diploma III / IV Akuntansi

~ Diploma I / III Pajak

~ Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan

~ Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai

~ Diploma I / III Kebendaharaan Negara

~ Diploma III Manajemen Aset

Program studi STAN non-reguler:

~ Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar)

~ Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus

~ Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus


Program studi diploma I dilaksanakan selama dua semester (1 tahun) dan dilaksanakan di Kampus STAN Jakarta dan Balai diklat keuangan di Medan, Palembang, Makassar, Balikpapan, Manado, Cimahi, Malang, Yogyakarta. Sedangkan program studi diploma III dilaksanakan selama 6 semester (3 tahun) yang hanya bertempat di Kampus PKN STAN Jakarta.

Baca juga : Ini Kesalahan Banyak Orang Saat Akan Daftar Kuliah


2. STIS 

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) ini patut dijadikan relevanmu untuk melanjutkan pendidikan, terkhususnya bagi kamu yang gemar menjalankan analisis matematika dan statistika yang membutuhkan keakuratan dam kedisiplinan yang tinggi. STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik sejak tahun 1958.


Daftar program studi STIS:

~ Program Studi D-IV Statistika

terdiri dari peminatan Ekonomi dan peminatan Sosial Kependudukan

~ Program Studi D-IV Komputasi Statistik.


STIS menyelenggarakan dua jurusan untuk program diploma IV yakni Jurusan Statistika dan jurusan Komputasi Statistik, dengan masing-masing beban studi 140-160 SKS.


Jurusan Statistika terbagi menjadi 2 peminatan. Pertama, Statistika ekonomi yang mampu melaksanakan kegiatan dan analisis data statistik mengenai perekonomian. Kedua, Statistika sosial kependudukan yang mempelajari statistika tertapa di bidang kependudukan, statistik sosial, dan demografi. 

Baca Juga : Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Belajar

3. IPDN



Perguruan tinggi kedinasan Kementerian Dalam Negeri di Indonesia yaitu Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), yang merupakan gabungan dari STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) dan IIP (Institut Ilmu Pemerintahan).


Buat kamu yang bercita – cita menjadi pimpinan dalam pemerintahan misalnya menjadi camat, IPDN menjadi perguruan tinggi yang dapat kamu coba.


Saat lulus, kamu bisa langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan III A.


Beberapa alumni IPDN yang saat ini sukses berkarier di pemerintahan ataupun karier politik. Misalnya saja menjadi gubernur atau pejabat di kementerian, Pemkot hingga Pemda.


Pendaftaran online biasa di buka pada bulan April. Info selengkapnya dapat kamu cek di website resmi: spcp.ipdn.ac.id


Program studi IPDN antara lain:

~ D-IV Politik Pemerintahan

~ D-IV Manajemen Sumber Daya Aparatur

~ D-IV Pembangunan Dan Pemberdayaan

~ D-IV Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil

~ D-IV Keuangan Daerah

~ S1 Manajemen Keuangan

~ S1 Manajemen Pembangunan

~ S1 Manajemen Pemerintahan

~ S1 Manajemen Sumber Daya Manusia

~ S3 Ilmu Pemerintahan


4. STMKG 

Sekolah STMKG ini dibawahi oleh BMKG yang berkaitan tentang alam dan perubahan iklim. Setelah selesai dari STMKG, lulusan STMKG akan diangkat menjadi PNS BMKG dan ditempatkan di kantor-kantor pusat BMKG yang berada di seluruh daerah Indonesia. 


STMKG Sendiri mempunyai 4 macam program studi yaitu:

~ Meteorologi

~ Klimatologi

~ Geofisika

~ Instrumentasi


Untuk menjadi taruna STMKG harus menjalani tahapan tes berupa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Tes Akademik mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris. Kemudian dilanjutkan seleksi wawancara dan tes kesehatan.


Setelah lulus, akan ditempatkan langsung menjadi CPNS di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Baca Juga : Ini Ketakutan Para Camaba Dan Cara Mengatasinya

5. AKPOL 

Akademi Polisi adalah lembaga pendidikan yang akan membentuk dirimu menjadi salah satu perwira polisi yang akan bekerja di seluruh kota di Indonesia. Pendidikan AKPOL berada di Kota Semarang, Jawa Tengah.


 Pendidikan di AKPOL dilaksanakan selama 4 tahun dan setelah lulus akan mendapatkan pangkat IPDA (Inspektur Polisi Dua) serta akan mendapatkan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian).

 

Untuk masuk sebagai taruna AKPOL anda harus menjalani berbagai macam tahapan tes seperti tes akademis, tes fisik, tes psikologi, dan tes kesehatan.


6. AAL



apakah kamu ingin menjadi bagian militer laut? Bila ya, kamu dapat mencoba daftarkan dirimu di Akademi Angkatan Laut (AAL) yang berada di Krembangan, Surabaya, Jawa Timur. 


Setelah selama 4 tahun menjalani pendidikan, maka akan mendapatkan gelar S.ST.Han dan mendapatkan pangkat Letda (Letnan Dua).


Jurusan/Program Studi di AAL antara lain:

~ D-IV Manajemen Pertahanan Matra Laut

~ D-IV Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat

~ D-IV Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut

~ D-IV Teknik Mesin Kapal Perang

~ D-IV Teknik Elektronika Kapal Perang

Baca Juga : Link Pendaftaran Beasiswa Kemdikbud 2020

7. AAU 



Lain halnya dengan AAL, AAU adalah akademi Angkatan Udara yang bertujuan untuk menjaga kedaulatan negara di teritorial udara. Sekolah AAU di berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di dekat dengan bandara Adi Sucipto. 


Setelah selama 4 tahun menjalani pendidikan di AAU, maka akan mendapatkan gelar S.ST.Han dan mendapatkan pangkat Letda (Letnan Dua).


Jurusan/Program Studi di AAU antara lain:

~ D-IV Teknik Aeronautika Pertahanan

~ D-IV Teknik Elektronika Pertahanan

~ D-IV Teknik Manajemen Industri Pertahanan


8.AKMIL



Akademi Militer adalah pendidikan lanjutan TNI angkatan darat yang bertepatan di Magelang, Jawa Tengah. 


AKMIL akan mencetak lulusan perwira TNI angkatan darat dengan gelar S.ST.Han (Sarjana Terapan Pertahanan).


Setelah lulus dari AKMIL maka lulusan akan menjadi perwira pertama dengan pangkat Letda (Letnan Dua).


Pendidikan AKMIL dilaksanakan selama 4 tahun dan tahun pertama dilaksanakan pendidikan dasar Keprajuritan Chandradimuka yang dilakukan bersama taruna AAL, AAU, dan AKPOL.


Jurusan/Program Studi di Akmil antara lain:

~ D-IV Manajemen Pertahanan

~ D-IV Teknik Mesin Pertahanan

~ D-IV Teknik Sipil Pertahanan

~ D-IV Teknik Elektronika Pertahanan

~ D-IV Administrasi Pertahanan


9. STIN



Sekolah Tinggi Intelijen Negara adalah suatu sekolah tinggi kedinasan yang berada di bawah Badan Intelijen Negara dan kampusnya terletak di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat.


Di STIN para taruna akan diajarkan mengenai ilmu intelijen, dan ditempa fisik dan mental dengan keras. Berdirinya STIN bertujuan untuk menyiapkan mahasiswanya menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan/atau keahlian profesional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Program studi di STIN 

terdiri dari 2 yakni Agen dan Analisis.


10. STTD



Sekolah Tinggi Transportasi Darat ialah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan yang menyelenggarakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi dalam bidang transportasi darat untuk kelangsungan di Indonesia ini.


Kampus STTD sendiri berada di Bekasi, Jawa Barat.


Awalnya, kampus ini bernama Akademi Lalu Lintas atau AAL, namun sejak tahun 2000 berubah nama menjadi STTD dan berada di bawah Departemen Perhubungan yang mengakibatkan nama tersebut diubah menjadi STTD hingga saat ini.


Program Studi STTD antara lain:

~ Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)

~ Diploma III Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ)

~ Diploma III LLASDP

~ Diploma III Perkeretaapian

~ Diploma IV Transportasi Darat


Untuk masuk menjadi bagian taruna/taruni di STTD harus melewati berbagai tahapan seleksi meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Akademik, Psikotes, serta Tes Kesamaptaan dan Wawancara yang cukup matang. 

Baca Juga : Ini Yang Harus dipersiapkan Sebelum Merantau

11. STPI



Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia dan didirikan di Jakarta pada tahun 1952 silam. Sebelum menjadi STPI, pada awalnya lembaga ini bernama API (Akademi Penerbangan Indonesia).


STPI mempunyai 4 macam jurusan yakni :

~ Jurusan Penerbangan

~ Jurusan Teknik Penerbangan

~ Jurusan Keselamatan Penerbangan

~ Jurusan Manajemen Penerbangan


Untuk menjadi taruna di STPI, anda harus melewati rangkaian tahapan seleksi yang meliputi tes akademik, tes kesehatan, psikotes, dan seleksi wawancara.


Setelah lulus, alumni STPI bisa bekerja di berbagai perusahaan maskapai penerbangan, perusahaan penyedia lalu lintas udara, dan peerusahaan pengelola bandara.


Nah itu dia 11 sekolah kedinasan di Indonesia part 1, karena masih banyak sekali rekomendasi yang dapat kamu mencoba untuk melanjutkan sekolah ke tingkat tinggimu. 

Baca juga : 11 Softskill Yang Harus Kamu Punya sebelum Lulus SMA/SMK

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 Komentar untuk "11 Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia (part 1)"

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel