Wajib Baca Ini Sebelum daftar SNMPTN 2021

Wajib Baca Ini Sebelum daftar SNMPTN 2021

Bagi kamu yang kini sudah menginjak kelas 12 ataupun yang sedang galau memikir-mikirkan akan berkuliah dimana, pada postingan kali ini admin Pojokmading.blogspot.com akan berbagi informasi seputar SNMPTN. so, baca artikel ini baik-baik ya, agar info yang admin sampaikan dapat kamu pahami dengan baik.

Baca juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah Biar gak nyesel nanti

SNMPTN adalah salah satu jalur yang dapat kamu gunakan untuk masuk ke PTN, tapi mimin ingetin kamu yah agar tidak terlalu mengharapkan SNMPTN, jadinya kamu juga harus mempersiapkan dirimu untuk belajar SBMPTN atapun Ujian Mandiri. karena banyak banget teman-teman mimin yang sudah gagal SNMPTN ternyata dia tidak mempersiapkan untuk belajar SBMPTN. Jadinya bakal kalang kabut, kalau amit-amit gagal dalam SNMPTN ini.

SNMPTN itu adalah jenis seleksi jalur undangan, makanya biaya SNMPTN ditanggung penuh pemerintah. Jadi, siswa tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Kalau jalur tertulis, namanya SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).


Jadi saran admin selain kamu daftar SNMPTN, kamu juga harus mempersiapkan untuk menempuh SBMPTN.

oke, pada postingan kali ini admin akan berbagi banyak informsi mengenai SNMPTN. nah, berikut hal-hal yang harus banget kamu ketahui tentang SNMPTN :


1. persyaratan peserta SNMPTN

menurut website resmi LTMPT, siswa yang berhak mendaftarkan diri harus memenuhi beberapa hal berikut :


a. memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS, untuk cek NISN bisa dicek di Website NISN. Bila nomor NISN di web NISN berbeda, kamu perlu segera konsultasi sama BK masing-masing sekolah.

b. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

c. Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:

akreditasi A, 40% terbaik di sekolahnya;

akreditasi B, 25% terbaik di sekolahnya;

akreditasi C dan akreditasi lainnya, 5% terbaik di sekolahnya.


peringkat siswa biasanya dilihat dari nilai 6 mapel utama (bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan 4 mata pelajaran penjuruasan). Intinya, tidak semua siswa kelas 12 bisa mendaftar SNMPTN.


Baca juga : 7 Jurusan Kuliah Yang Paling dicari Masa depan

2. Tata cara pendaftaran SNMPTN

Untuk pendaftaran SNMPTN tahun ajaran 2021/2022 belum dibuka oleh pihak LTMPT, maka admin akan mengacu pada tata cara pendaftaran SNMPTN pada tahun ajaran 2019/2020. dilansir dari Cermati.com berikut tata cara mendaftar SNMPTN :

a. Bagi siswa yang sudah masuk dalam daftar atau kriteria pemeringkatan di atas, bisa langsung mendaftarkan diri ke laman https://web.snmptn.ac.id/. Tapi sebelumnya registrasi dulu ke https://portal.ltmpt.ac.id/.

b. Di website snmptn.ac.id, gunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password untuk login. Password yang dibutuhkan sama dengan password sistem PDSS. Jadi bisa minta password ke pihak sekolah.

c.  Setelah berhasil masuk, isi biodata, pilihan perguruan tinggi negeri, dan pilihan program studi. Isi form pendaftaran, upload foto resmi terbaru, dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

d. Untuk peserta yang mengambil program studi bidang seni dan olahraga, wajib unggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan Kepala Sekolah.

e. Peserta mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.


saran mimin jangan daftar saat hari-hari akhir periode pendafran ( H-1) karna biasanya server akan down.


3. Lakukan Finalisasi Pendaftaran

Jika sudah selesai mendaftar, lakukan finalisasi pendaftaran. Setelah finalisasi ini, data kamu tidak dapat diubah lagi. Jadi pastikan kembali seluruh data sudah diisi dengan benar. Untuk finalisasi, klik Finalisasi Pendaftaran.


Lalu ceklis semua pernyataan konfirmasi siswa, selanjutnya klik Finalisasi Pendaftaran. Jika masih ragu, klik Tunda Finalisasi. Pastikan segera melakukan finalisasi sebelum masa pendaftaran berakhir. Jika tidak, kamu dianggap Tidak Mendaftar.



4. Mekanisme Seleksi SNMPTN

setelah kamu melaukan pendaftaran maka langkah selanjutnya adalah seleksi nilai SNMPTN. selain melihat dari nilai rapor, PTN  juga akan melihat sekolah asal siswa. tentunya nilai 95 di sekolah favorit kualitasnya akan berbeda kualitasnya dengan nilai 95 di sekolah yang tidak favorit dan kualitasnya tak dapat dipercaya.


itulah informasi yang wajib kamu ketahui mengenai SNMPTN 2021. semoga informasi ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi kamu yang sedang cari-cari informasi tentang SNMPTN 2021. Mimin doakan kamu yang membaca postingan mimin, bisa masuk perguruan tinggi aaminn.

Artikel Terkait : Apa Itu SBMPTN, SNMPTN, dan Ujian Mandiri

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Wajib Baca Ini Sebelum daftar SNMPTN 2021"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel