[REKOMENDASI] 9 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

[REKOMENDASI] 9 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

Bagi kamu yang kini telah duduk di kelas 12 SMA selain banyak mikirin tentang kampus, hal lain yang harus kamu pikirkan adalah menentukan progam studi. Ya, menentukan progam studi sangat erat sekali dengan masa depan yang akan kamu rasakan nantinya. 


Setelah sebeumnya aku bagiin tentang "6 Jurusan Anak IPS Yang Bisa Diambil Anak IPA", pada postingan kali ini aku mau bagiin tentang beberapa jurusan kuliah untuk anak IPS yang bisa jadi pertimbangan nantinya oleh kamu saat menentukan sebelum mendaftar dan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN nantinya.


1. Filsafat

Filsafat adalah ilmu yang memperlajari tentang sifat dasar manusia dan hubungannya dengan realitas di masyarakat. Nah, permasalahan ini meliputi (tapi tidak terbatas pada) moralitas, esensi kemanusiaan, tujuan hidup, dan hati nurani.


Selain itu dijurusan ini kamu akan dibimbing untuk mempelajari tentang cara berfikir jernih dan logis tanpa  mengesampingkan kebenaran hakiki terhadap setiap ilmu pengetahuan. Peluang kerja untuk jurusan Filsafat ini juga sangat banyak, mulai dari Dosen, Pengamat, Jurnalis, Pembicara, Konselor, sampai Penjabat pemerintahan.

Baca Juga : Ini Penyebab Banyak Pelajar Gagal SBMPTN Setiap Tahunnya !!

2. Ilmu Hukum



Ilmu Hukum adalah ilmu yang mempelajari tentang Perundang-undangan termasuk didalamnya undang-undang konstitusi, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Pidana, Hukum Tata Pidana, hingga Hukum Internasional.


Ilmu Hukum merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang. Tak heran kalau prodi ini selalu banyak pendaftar. Menyandang titel sebagai Sarjana Hukum akan mempermudahkanmu dalam mencari pekerjaan. Nantinya kamu bisa bekerja sebagai pengacara, konsultan hukum, dan profesi lain yang relevan.


3. Hospitality Management

Jurusan lain yang dapat kamu pertimbangkan adalah hospitality management yang seringkali juga dikaitkan dengan turisme. Hospitality sendiri merupakan bidang industri yang di dalamnya termasuk perhotelan, makanan dan minuman, tempat hiburan, event planning dan sebagainya. Bidang ini akan mendapat banyak peluang untuk berkembang seiring bertambahnya keperluan manusia untuk berlibur dan bersantai. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer di hotel, restaurant, atau taman hiburan, dapat pula terlibat dalam industri terkait event planning dan pariwisata. 


4. Hubungan Internasional



Hubungan Internasional adalah jurusan yang memperlajari tentang Hubungan dan interaksi antarnegara, Diplomasi, Kajian Sosial budaya transnasional, ekonomi politik Internasional, dan lain sebgainya.

Jurusan ini memiliki banyak sekali prospek kerja setelah kamu lulus kamu akan berkesempatan untuk berprofesi sebagai pejabat diplomatik, PNS, dosen dan peneliti, berkarier di startup atau perusahaan multinasional, jurnalis, aktivis NGO, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Ini Jurusan Yang Paling Dibutuhkan Dimasa Yang Akan Datang

5. Accounting (Akuntansi)

Akutansi adalah jurusan yang mempelajari tentang tata cara penggelolaan keuangan, Statistika, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang gemar dalam hal hitung hitungan, jurusan ini bisa banget jadi salah satu pertimbangan kamu dalam menentukan jurusan kuliah nantinya.

Lulusan jurusan akuntansi umumnya bekerja di bidang akuntansi, keuangan, dalam posisi akuntan, internal auditor, analis keuangan dan sebagainya.


6. Psikolog

Psikolog adalah ilmu yang memperlajari tentang tingkah lau, pikiran, dan mental manusia. Bagi kamu yang suka memperhatikan tingkah laku orang-orang disekitar, jurusan ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai opsi kamu nantinya.


Nah, jurusan Psikologi sendiri punya banyak peminatan, misalnya Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri, dan lain sebagainya. Biasanya antarkampus punya peminatan yang berbeda-beda.


Mengingat betapa luasnya penerapan ilmu psikologi, kamu pun kelak bisa mengembangkan karier di berbagai bidang, misalnya sebagai HRD, market research, peneliti, sampai psikolog. Untuk yang terakhir, kamu perlu melanjutkan S2 Profesi Psikologi, ya, agar bisa mengurus izin praktik.

Baca Juga : Tips Jitu Untuk Persiapan  SBMPTN Tahun Depan

7. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan bidang studi yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni.


Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ini antara lain Etika & Hukum Penyiaran, Ekonomi Politik Media, Jurnalistik, Sosiologi Komunikasi, Public Speaking, Manajemen SDM, Marketing Communication, dan masih banyak lagi yang lainnya.


8. Broadcasting



Jurusan ini sebenarnya masih ada kaitannya dengan jurusan sebelumnya. Perbedaannya, pada jurusan Broadcasting kamu akan banyak mempelajari tentang ilmu penyiaran, yang lebih mendalam. Progam Studi ini memili banyak peminat di setiap tahunnya, mengigat perkembangan dunia penyiaran terus berkembang setiap waktunya.


Setelah lulus, kamu punya kesempatan untuk bekerja di industri penyiaran (televisi atau radio), misalnya sebagai penyiar, presenter, tim kreatif, reporter, produser, scriptwriter, sutradara, direktur penyiaran, direktur program, editor, dan lain-lain.

Baca Juga : Ini Penjelasan Tentang Tes Potensi Skolastik (TPS) Di UTBK

9. Antropologi

Terakhir ada jurusan Antropologi yang cocok untuk anak IPS. Bidang studi ini mendalami tentang seluk-beluk dan unsur kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia. Nah, disiplin ilmu Antropologi ini masih dibagi menjadi 2 bidang, yakni Antropologi Fisik dan Antropologi Budaya.


Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di prodi ini adalah Folklore, Studi Gender, Etnofotografi, Kajian Konsumsi dan Gaya Hidup, serta Teori Antropologi. Lulusan Antropologi bisa berkarier di banyak bidang, misalnya menjadi peneliti, antropolog, dosen, atau analis budaya.


Itulah 9 Jurusan yang aku rekomendasikan untuk kamu anak IPS untuk mendaftar ke universitas. jika kamu ada pertanyaan seputar jurusan kuliah jangan ragu-ragu untuk meninggalkan komentar dibawah, atau dapat bertanya kepada orang-orang terdekat kamu agar bisa mendapat gambaran yang lebih luas. Oke, sekian postingan ku kali ini semoga bermanfaat, dan Salam Sukses !!

Baca Juga : Tips-Tips Memilih Jurusan Kuliah Biar Gak Nyesel Nanti

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "[REKOMENDASI] 9 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel