Mana Yang Efisien, Belajar Pagi Hari VS Belajar Malam hari?

Mana Yang Efisien, Belajar Pagi Hari VS Belajar Malam hari?



Setiap orang pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam menyelesaikan sebuah masalah, ada yang dibawa santai dan ada juga yang menyelesaikan masalah dengan cara ketegangan. Begitupun untuk mengambil waktu untuk belajar. Setiap orang pasti punya caranya sendiri untuk belajar dan memahami sesuatu. Mulai dari belajar terhadap apa yang mereka lihat, apa yang mereka dengar, dan apa yang mereka rasa. 


Masing-masing gaya belajar tentu disesuaikan dengan karakteristik dan preferensi seseorang dalam menyerap ilmu. Tak terkecuali dengan memilih pada waktu apa mereka akan lebih fokus dalam belajar. 


Mungkin dari sebagian orang beranggapan bahwa belajar pagi itu lebih ideal ketimbang belajar malam hari. setiap orang akan berbeda-beda dikarenakan cara belajarnya tentu saja berbeda beda, ada yang senang belajar di meja, ada yang senang belajar di atas kasur, ada juga yang belajar di tempat gelap begitupun sebaliknya. Pernahkah kamu menemui orang seperti itu?? Kali ini Pojokmading akan membahas perbedaan mendasar belajar di pagi hari dan di malam hari. Mana yang lebih bagus ya? Simak artikel berikut Ini.

Baca Juga : Waktu Belajar Terbaik Menurut Pakar

Belajar Pagi Hari


Untuk kamu sekalian yang lebih suka belajar pada pagi hari ini sering disebut dengan early bird atau burung yang suka melakukan aktivitas lebih awal. Berikut Keunggulan dari belajar pada pagi hari :


1. Energi Masih Segar :


Tubuh kita pada pagi hari itu bagaikan embun pagi yang baru jatuh di atas daun, uhh segarnya. Setelah bangun dari tidur yang cukup badan kita akan terasa segar sehingga energi yang kamu miliki masih penuh. Ketika belajar di pagi hari kamu bisa lebih fokus dan terarah dengan apa yang kamu pelajari karena kamu tidak merasa lelah. Sehingga belajar di pagi hari cocok untuk mempersiapkan diri untuk ujian.


2. Jam Tidurmu Engga Keganggu!


Manusia setidaknya memerlukan waktu tidur minimal 7-8 jam setiap harinya. Ketika kamu memilih untuk belajar di pagi hari kamu tidak akan kehilangan jam tidur kamu. Kamu bisa mengistirahatkan tubuh kamu dengan maksimal sehingga kamu tidak akan merasakan lelah dan bisa fokus untuk belajar di pagi harinya lagi. Biasanya, orang yang selalu belajar pada pagi hari adalah orang yang jarang sekali kesiangan lohh, apakah kamu mempercayainya?

Baca Juga :Tips Engga Ngantuk Saat Belajar

3. Otak Masih Bekerja Secara Maksimal


Di pagi hari merupakan waktu yang pas untuk belajar mengerti fakta dan angka. Itulah mengapa sering kali pelajaran matematika, fisika dan yang menghitung lainnya ditaruh di pagi hari. Karena ketika belajar di pagi hari otak bekerja optimal untuk menyerap informasi.


Baca Juga : 6 Jurusan IPS Yang Dapat Dipelajari Anak IPA

Belajar Pada Malam Hari


Lain halnya dengan belajar pagi, belajar malam sering mendapatkan julukan night owl atau yang berarti burung hantu malam. Dijuluki seperti itu karena teman-teman yang suka belajar malam mirip burung hantu yang selalu beraktivitas di malam hari. Biasanya, orang-orang lebih suka belajar pada malam hari karena merasa lebih mudah mengingat kembali materi yang tadi dipelajari di sekolah. Untuk Lebih detailnya, simak berikut ini :


1. Suasana Tenang dan Kondusif


Suasana tenang dan kondusif inilah yang merupakan alasan kebanyakan orang untuk memilih belajar pada malam hari. Ini karena kondisi di rumah tidak aktif lagi. Adik-adikmu dipastikan sudah terlelap ditempat tidurnya dan engga bisa gangguin kamu waktu belajar, hhi.. Kondisi rumah dan lingkungan sekitar kamu sudah tidak aktif lagi di malam hari, sudah sedikit kegiatan yang membuat bising di malam hari. Sehingga kamu bisa lebih fokus dengan materi yang kamu pelajari. Tidak ada suara kendaraan, dan bising televisi yang ada.


2. Pergi Tidur Setelah Belajar Baik Untuk Otak


Untuk kamu yang belajar malam hari rasa kantuk akan datang menghampiri. Namun jika kamu selesai belajar, kamu merasa ngantuk dan langsung tidur ternyata itu adalah hal yang bagus untuk otak karena bisa meningkatkan memori kamu sehingga informasi yang kamu pelajari akan mudah kamu ingat. Namun perlu kamu ketahui, jika kamu belajar sampai larut malam, kamu juga harus tetap mendapatkan porsi tidur yang cukup.


3. Banyak Waktu Yang Bisa Digunakan


Seusai mandi dan makan malam, kamu bisa mulai belajar dari jam 7 atau 8 malam. Kamu memiliki waktu yang cukup panjang sehingga kamu bisa pelajari materi yang belum sempat kamu pelajari sebelumnya.

Baca Juga : Tips Jitu Mengerjakan Matematika

Nah itu dia perbedaan mendasar dari belajar pagi atau belajar malam. Kamu tim mana nih, pagi atau malam?? Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing, sesuaikan jam belajar kamu dengan pola dan cara belajar kamu. Karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, jadi kamu bisa dapatkan waktu belajar yang pas sesuai dengan keinginan kamu saat ini. 


see you in the next discussion.

Baca Juga : Tips Belajar Dirumah Engga Bikin Bosen

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Mana Yang Efisien, Belajar Pagi Hari VS Belajar Malam hari?"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel