8 Universitas Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia.

8 Universitas Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia.


Jurusan psikologi pada saat ini menjadi salah satu jurusan dari banyak jurusan yang diminati oleh para lulusan sekolah menengah. Hal ini dikarenakan oleh berbagai faktor yang melatarbelakanginya, mulai dari karakteristik jurusan psikologi itu sendiri, akses lapangan pekerjaan yang mudah, hingga dari keunikan dari jurusan psikologi itu yang memang berbeda dari jurusan yang lainnya. Kesan yang muncul ketika mendengar ada mahasiswa psikologi sebagai orang yang bisa membaca karakter masih melekat erat di ingatan kalian semua. Akibatnya saat ini banyak universitas yang mulai untuk membuka jurusan psikologi di kampusnya dikarenakan semakin banyaknya peminat di jurusan psikologi ini.

Dalam semua universitas yang membuka jurusan psikologi, memang ada universitas yang memiliki status favorit dan terbaik, namun ada juga terdapat universitas dengan jurusan psikologi yang tidak menjadi favorit oleh calon mahasiswa setiap tahunnya. Universitas terbaik ini didasarkan pada akreditasinya yang mencakup akreditasi A yang diresmikan oleh Ban-PT. Berikut kami telah merangkum 8 universitas pilihan dengan jurusan psikologi terbaik di Indonesia, menurut versi Ban-PT universitas, selamat membaca.


1. Universitas Airlangga (UNAIR)


Apabila kamu ingin melanjutkan studimu setelah Sekolah Menengah di Surabaya, kampus yang dapat kamu tuju adalah Universitas Airlangga. Universitas ini tepatnya di jalan Airlangga No. 4-6 Surabaya untuk jurusan psikologinya. Untuk jurusan psikologi, di UNAIR selain memberikan edukasi teori dikelas, para mahasiswa juga menjalani uji praktikum di laboratorium berfasilitas lengkap dengan diberikan pengajaran dari dosen yang berkompeten khusus dalam jurusannya. Selain itu keunggulan dari jurusan psikologi di Universitas Airlangga adalah bidang industrinya yang memang menjadi yang terbaik di indonesia.

2. Universitas Gajah Mada (UGM)


Reputasi dari Universitas Gajah Mada atau sering disingkat UGM sebagai kampus yang menghasilkan lulusan terbaik dengan kontribusi besar kepada negeri bukanlah hal yang perlu ditanyakan lagi. Ini karena hampir seluruh jurusannya selalu menjadi favorit dan dikatakan memiliki akreditasi baik ini memang sangat wajar bila universitas ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Begitupun dengan jurusan psikologinya, ini dapat terlihat dari banyaknya mahasiswa alumni dari UGM yang sering masuk televisi atau mengadakan acara besar untuk berdiskusi sejenak. 

Penilaian UGM menjadi universitas dengan jurusan psikologi terbaik ini dikarenakan oleh beberapa faktor pendukung lainnya, yaitu kualitas pendidikan dosen pengajarnya, fasilitas kampus, jumlah penelitian, dan kegiatan mahasiswanya, hingga rata-rata angka kelulusan mahasiswa. Beberapa dosen yang berpartisipasi di UGM pun tak jarang selalu memberikan gagasannya mengenai dunia psikologi lewat buku-buku panduan mahasiswa psikologi yang ada di indonesia. 

3. Universitas Indonesia (UI)


Universitas Indonesia menawarkan jurusan psikologi yang terdapat di Fakultas Psikologi sudah berdiri sejak tahun 1960. Salah satu kampus terbaik di Indonesia ini melahirkan banyak tokoh penting, seperti Kak Seto Mulyadi, Pak Slamet Iman Santoso, dan tokoh penting lainnya. 

Lokasi UI yang strategis ditambah dengan fasilitas perkuliahan yang tentunya sudah sangat lengkap pun menjadi daya tarik tersendiri. Tentu atmosfer belajar psikologi di UI akan berbeda dengan kampus lainnya. Ada banyak mahasiswa dari luar Jakarta yang sengaja memilih UI sebagai tempat studi, sehingga kamu pun dapat mengajak mereka bertukar pikiran.


4. Universitas Padjajaran (UNPAD)


Universitas Padjajaran terletak di Bandung, tepatnya di Jalan Raya Bandung Sumedang KM.21 ini menawarkan jurusan psikologi dengan akreditasi baik. Berdirinya Fakultas Psikologi UNPAD terhitung sejak pada tanggal 1 September 1961 melalui SK Menteri PTIP No. 037/SEK/PU/61. Dan di resmikan pada tanggal 2 September 1961.

Universitas jurusan psikologi di Bandung sudah terkenal di kalangan masyarakat Bandung, hingga di Indonesia. Tidak hanya menghasilkan lulusan dengan kiprah di kancah nasional, kamu juga bisa melihat lulusan psikologi UNPAD menghasilkan banyak karya tertulis. Untuk bisa menjadi mahasiswa UNPAD, kamu perlu menempuh ujian masuk mandiri atau ujian masuk yang diselenggarakan serentak di tingkat nasional baik secara SNMPTN, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri yang selalu diadakan setiap tahunnya.


5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta


Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini didirikan sejak pada tahun 1993 silam. Semenjak berdirinya hingga tahun 2017, fakultas psikologi ini telah meluluskan hingga 2.683 sarjana psikologi yang sudah bekerja sama dalam di berbagai instansi dan beberapa perusahaan di Indonesia. Semenjak tahun 2000 hingga saat ini, fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta masih mempertahankan akreditasi A selama tiga kali berturut-turut dari Ban-PT. 

6. Universitas Gunadarma


Perguruan Tinggi selanjutnya adalah Universitas Gunadarma yang dapat menjadi pilihanmu lainnya. Fakultas psikologi di Universitas Gunadarma ini telah mendapatkan akreditasi A oleh Ban-PT. Disini kamu akan mendapatkan layanan dan kinerja dari dosen yang berpengalaman luas baik didalam maupun di luar negeri.

Langsung saja cari tahu jalur masuk Program Studi di Universitas Gunadarma sesuai kemampuanmu. Tidak hanya itu, di Universitas Gunadarma juga terdapat beasiswa yang selalu diadakan setiap tahunnya lhoo, yuk kunjungi saja di website resminya untuk mendapatkan informasi selanjutnya. 

7. Universitas Muhammadiyah Malang 


Universitas Muhamadiyah malang yang juga di kenal sebagai kampus putih ini, memiliki jurusan psikologi yang termasuk ke dalam jurusan terbaik di indonesia. Hal tersebut dikarenakan akreditasinya yang A, di samping itu Universitas Muhamadiyah malang telah melahirkan banyak psikolog profesional di bidangnya. Para lulusannya pun banyak menjadi dosen di beberapa universitas yang memiliki jurusan psikologi.

8. Universitas Islam Indonesia (UII)


Universitas Islam Indonesia, menjadi Universitas yang masuk dalam universitas terbaik di Indonesia.  Universitas yang terletak di provinsi Yogyakarta ini memiliki khas dalam jurusan psikologinya, yaitu Psikologi Islam. Maka tak jarang apabila UII kerap kali menjadi penggagas konferensi ataupun seminar internasional yang membahas tentang Psikologi dalam prespektif  Islam.

Selain dari delapan jurusan psikologi terbaik di atas sebenarnya di pulau Jawa masih ada lagi beberapa jurusan psikologi yang dapat menjadi referensi anda masuk di dalamnya. Karena kualitas pun hampir sama atau bahkan setara dengan jurusan psikologi Universitas di atas seperti psikologi Universitas Diponegoro, dan Juga Psikologi Universitas Atmajaya.

Itulah beberapa hal yang dapat kita simak mengenai anggapan orang jika kamu kuliah di jurusan psikologi. Jangan kapok untuk selalu belajar dan menentukan peran di dalam kehidupan, karena  kamulah yang menentukan bermanfaat atau merugikannya anda bagi diri kamu  dan lingkungan sekitar kamu.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "8 Universitas Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia."

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel