8 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Mengikuti Kuliah

8 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Mengikuti Kuliah



Menjelang tahun ajaran baru, beberapa mahasiswa baru  mempersiapkan diri setelah melewati beberapa jalur yang dibuka, seperti PMDK, SNMPTN, SBMPTN, ataupun melewati jalur mandiri lainnya. Perlu dipahami, bahwa rasanya bangku SMA dengan bangku kuliah itu beda banget. why? Karena saat kamu masuk kuliah berarti kamu mempunyai lingkungan baru, para pengajar baru, teman baru, dan tentunya beban kehidupanmu bertambah, haha. Dengan begitu, itu dapat dikatakan kamu haruslah cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, entah itu PTN, Politeknik, PTS, ataupun yang lainnya. 

Baca Juga : Tips Meyakinkan Orang Tua Mengenai Pilihan Jurusan Kuliahmu

Tapi, tenang saja, bukan cuma kamu kok yang mengalaminya. Maka itu, berikut adalah beberapa list yang harus kamu persiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan:


1. Persiapan Beradaptasi



Memasuki lingkungan baru tentu saja membuat kita harus beradaptasi dengan sekitar. mulailah bersosialisasi yang kecil dulu, seperti bersosialisasilah dengan alamnya dulu, toilet dimana, ruang dosen dimana, tempat refreshing dimana, hingga tempat nongkrongnya ya. Lalu kamu juga bisa untuk kerap bertanya dengan senior, teman, dosen, dan staf kampus lainnya agar masalah yang kamu hadapi dapat terselesaikan dengan waktu yang cepat. 

Baca Juga : 6 Ketakutan Mahasiswa Baru (MABA) dan Cara Mengatasinya

2. Siapin Mental



Berikutnya adalah persiapkanlah mental yang kuat. Jika saat dibangku SMA, kamu mungkin siap untuk menerima materi kuliah dari sekolahmu, namun kini ubahlah itu menjadi mahasiswa yang aktif dengan mencari semua materi yang dibutuhkan. Selain itu dosen juga kadang membuat jadwal pengganti apabila tak bisa hari itu yang membuat kamu harus selalu siap walaupun hingga malam. 

Baca Juga : 11 Softskill Yang Dibutuhkan Saat Kuliah

3. Kenali Manfaat Setiap Staf Kampus



Nah, sebelum memasuki kuliah ada baiknya kamu untuk mempelajari sistem kampus mengenai cara pengurusan sesuatu, terutama dalam hal akademik. Misalnya seperti pengurusan pembuatan KRS, Pembuatan KTM, dan Pembuatan surat Izin karena sakit, berhalangan, atau terdapat kerabat yang meninggal. Dengan begitu, gak akan ceritanya tuh kamu salah hubungin staf untuk pembuatan KRS tapi malah hubungi Pembuatan KTM :").


4. Siapin Peralatan



Peralatan seperti laptop, buku, dan bahan ajar adalah hal yang harus kamu miliki sebelumnya. Selain itu, peralatan lainnya itu mengikuti jurusan yang kamu pilih sebelumnya. Coba search di Google dengan mencari apa saja yang dibutuhkan untuk jurusanmu ya.

Baca Juga : 5 Jurusan Yang Gemar Berimajinasi

5. Menggunakan Kostum Yang Sesuai



Untuk hal yang satu ini juga tak boleh dilewatkan guys, meskipun ini terkesan seperti hal yang sepele tapi jangan sampai kamu salah pakai kostum saat masuk kampus dihari pertama hingga berikutnya. Cari tahu apakah di jurusanmu ada jenis pakaian yang nggak boleh dipakai, seperti halnya untuk mahasiswa jurusan kedokteran yang nggak diperbolehkan memakai jeans. Nah, biar aman, untuk hari pertama gunakanlah pakaian yang sopan dan sepatu yang nyaman digunakan untuk waktu yang lama seperti sneakers atau flat shoes. Ada juga yang diwajibkan menggunakan almamater jurusan kuliah setiap saat dan ada pula yang mewajibkan pakai almamater jurusan kuliah disaat waktu tertentu. Oleh karena itu, perlu di cek terus ya info mengenai kostum yang digunakan yang ada di kampus mu ya. 


6. Tempat Tinggal



Jika lokasi kampus dekat dengan domisili, Kamu mungkin bisa mengendarai kendaraan pribadi atau umum. Tetapi, bagaimana jika Kamu hendak kuliah di luar kota? Sebaiknya pastikan dulu menyewa tempat tinggal yang nyaman dan dekat dengan kampus Kamu.

Baca Juga : Ini Persiapan Kamu Sebelum Merantau, Yuk Disimak!

7. Pergaulan



Ya, persiapan kuliah tak hanya soal membeli peralatan dan perlengkapan belajar saja. Kamu juga harus siap dengan pergaulan di kampus termasuk menjadikan diri aktif berteman dengan senior. Jangan malu bertanya pada dosen atau staf di kampus sebab Kamu pasti belum tahu menganai mata kuliah, kegiatan perkuliahan dan lain-lain.


8. Kegiatan Non Akademik



Mahasiswa tidak hanya mempelajari materi saja, tetapi juga dapat mengikuti kegiatan non akademik yang ada di kampusmu yang akan memberikan pengalaman, relasi pertemanan, dan praktik lapangan. Pengalaman ini bisa dijadikan menjadi bahan yang dipertimbangkan oleh HRD saat merekrut kamu pada saat melamar di dunia kerja nanti. Kamu juga dapat mencari pekerjaan sampingan saat kuliah, yang tentunya waktunya fleksibel yaa..

Baca Juga : Daftar Tugas - Tugas Dalam Kepanitiaan Yang Harus Dipahami Olehmu

Nah, bagaimana Sahabat Pojok Mading, udah kebayang dong mengenai serunya perkuliahan kamu nanti? Tetap jaga pergaulan dan disiplin dalam belajar meskipun itu materi kuliah yang sulit dipahami seperti hati mantan, eh. Nah, apakah Kamu sudah siap menikmati bangku kuliah setelah lulus SMA? Jangan lupa 8 persiapan kuliah di atas ya!


Bila ada masukan saran, komentar, dan kritikan, kamu bisa menambahkan komentar yah. 

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk " 8 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Mengikuti Kuliah"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel