Ini Perbedaan Antara Fakultas dan Progam Studi Yang Wajib Kamu Tahu!!

Ini Perbedaan Antara Fakultas dan Progam Studi Yang Wajib Kamu Tahu!!


Bagi kamu yang kini sedang menempuh kelas 12 dan sedang berjuang masuk pergguruan tinggi. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencari-cari informasi tentang dunia perkuliahan. Karena, dunia perkuliahan sangatah berbeda dengan sewaktu kamu di bangku SMA atau SMK. 

Pada saat kamu mencari-cari informasi mengenai perguruan tinggi kamu akan menemukan kata-kata progam studi atau prodi dan fakultas. Pada postinga kali kita akan membahas mengenai pengertian dari progam studi dan fakultas, dan perbedaan dari keduanya. Yuk disimak artikelnya...


Fakultas adalah bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu, terdiri atas beberapa jurusan, dipimpin oleh dekan.


Pada fakultas biasanya terdiri dari beberapa jurusan kuliah yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Contoh dari fakultas adalah seperti:

>> Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)

>> Fakultas Kedokteran

>> Fakultas Ekonomi

>> Fakultas Teknik

>> Fakultas Sastra



Sebaliknya, progam studi atau prodi adalah bagian terkecil dari perguruan tinggi. Program studi adalah unit pelaksana yang menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik, vokasi, atau profesi dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu.


Program studi lebih spesifik dari jurusan. Misalnya, ilmu komunikasi sangat luas. Spesialisasinya antara lain jurnalistik, humas, dan periklanan.


Namun, kata “jurusan” juga sering disamakan dengan “prodi” karena ruang lingkupnya merupakan ilmu khusus atau keilmuan spesifik.



Nah, kira-kira itulah penjelasan dari fakultas dan progam studi. Semoga kamu dapat membedakannya diantara keduanya. Jika ada pertanyaan terkait dengan topik pada postingan kali ini jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah yaaa...


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Ini Perbedaan Antara Fakultas dan Progam Studi Yang Wajib Kamu Tahu!!"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel