Hal-hal Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar SNMPTN 2021

Hal-hal Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar SNMPTN 2021

Pendaftaran SNMPTN tahun ajaran 2021/2022 akan dibuka pada bulan Januari 2021. Pastinya kamu dag dig dug kan menunggu pembukaan pendaftarannya. Sebelum kamu mendaftar SNMPTN 2021, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui beberapa hal-hal penting yang wajib banget kamu ketahui sebelum kamu mendaftar SNMPTN 2021. Yuk disimak artikelnya...

Baca Juga : Wajib Dibaca Sebelum Mendaftar SNMPTN 2021


1. Periksa Kelengkapan Data Diri Kamu

Hal pertama yang wajib kamu cek pertama kali adalah kelengkapan data diri yang kamu miliki sebelum mendaftar SNMPTN 2021. Data-data yang dimaksudkan disini antara lain NISN, Nama yang sesuai dengan akta kelahiran kamu, Nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5, dan bukti prestasi akademik maupun non akademik. Data-data tersebut menjadi salah satu hal wajib banget buat dicek jangan sampai pada saat pendaftaran SNMPTN, data-data tersebut belum tersedia atau memiliki kesalahan dalam pencatatan.


2. Pada SNMPTN Tidak Bisa Lintas Jurusan

Perlu diketahui pada SNMPTN sangat tidak dianjurkan untuk mengambil jurusan yang berbeda dari jurusanmu saat ini di SMA atau di SMK. Pasalnya, setiap Universitas memiliki peraturan mengenai lintas jurusan yang berbeda-beda. Biasanya, jurusan IPA lebih fleksibel karena bisa mengambil jurusan bidang Saintek dan Soshum. Namun, hal ini juga tidak berlaku pada seluruh kampus. Jadi disarankan untuk mengambil prodi yang relevan dengan jurusan kamu saat SMA. 


3. Maksimal Dua Pilihan Jurusan Kuliah

Pada SNMPTN dan jalur masuk perguruan tinggi lainnya, memiliki peraturan yaitu setiap siswa/i hanya diperbolehkan memilih maksimal 2 jurusan kuliah. Baik di universitas yang sama dengan jurusan yang berbeda, maupun di universitas yang berbeda dengan jurusan yang sama. Sangat disarankan untuk menempatkan pilihan pertama jurusan kuliah yang memiliki kesempatan terbesar  ketimbang jurusan pada pilihan yang kedua. Hal inilah yang perlu diperhatikan sebelum menentukan jurusan kuliah. Untul lebih memahami bagaimana caranya memilih jurusan kuliah yang baik bisa dibaca artikel yang pernah diposting sebelumnya pada link berikut ini.

Baca Juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah Biar Gak Nyesel Nanti


4. Kuota Yang Diberikan Untuk Mendaftar SNMPTN

Sebelum mendaftar SNMPTN, sebaiknya kamu mengetahui kuota atau daya tampung dari tiap jurusan di kampus yang dituju. Setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru memiliki kuota yang terbatas. Kuota daya tampung untuk SNMPTN sendiri ditetapkan sebesar 20 persen dari daya tampung PTN keseluruhan. Sedangkan daya tampung untuk SBMPTN sebesar 40 persen dan kuota untuk jalur mandiri sebesar 30 persen atau lebih.


5. Tata Cara Pendaftaran SNMPTN

Berdasarkan laman resmi snmptn.ac.id, berikut adalah tahapan pendaftaran SNMPTN 2020:


>> Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman portal LTMPT http://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.


>> Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.


>> Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://snmptn.ac.id.


>> Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Baca Juga : 10 Progam Studi Terketat dalam Persaingan SNMPTN 2020


Nah, itulah hal-hal penting yang wajib untuk diketahui sebelum mendaftar SNMPTN 2021. Pesan dari admin, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion kamu jang memilih jurusan hanya ikut-ikutan dengan teman kamu atau hanya mengikuti kata-kata orang lain terhadap jurusan tertentu. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait dengan postingan kali ini, jangan sungkan-sungkan untuk meninggkalkan komentar dibawah yaa...

Good luck dan semoga sukses!!

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Hal-hal Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar SNMPTN 2021"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel