7 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan Dimasa Depan

7 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan Dimasa Depan

 


Memilih jurusan kuliah tidaklah mudah, apalagi bila pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN sudah didepan mata. Banyak calon mahasiswa yang merasa kebingungan untuk memilih dan memulai jurusan kuliah apa yang akan dipilihnya.

Ketika memilih jurusan kuliah, wajar saja kalau kamu akan memilih jurusan yang mudah mencari pekerjaan. Yang menjadi alasan calon mahasiswa baru memilih jurusan itu karena prospek kerjanya yang bagus. Selain itu, gaji yang ditawarkan dan jabatan yang diberikan cukup menjanjikan.

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa jurusan kuliah yang akan sulit mendapat pekerjaan. Tapi ada juga jurusan yang memiliki prospek kerja yang baik dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh perkembangan pasar yang berubah.

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa jurusan kuliah yang akan sulit mendapat pekerjaan. Tapi ada juga jurusan yang memiliki prospek kerja yang baik dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh perkembangan pasar yang berubah terus oleh zamannya.

Bila masih bingung dalam memilih jurusan kuliah, pojokmading.blogspot.com akan memberi tahumu 7 jurusan kuliah dapat menjadi bahan pertimbangan kamu saat memilih jurusan. Berikut adalah jurusan yang memiliki.

Baca Juga : Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah!

prospek kerja di masa depan :

1. Keperawatan

Di bidang kesehatan, jurusan keperawatan paling banyak dicari. Selama manusia masih bisa sakit, kebutuhan tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan.

Selain dokter, perawat juga sama pentingnya dalam menangani pasien yang sakit. Keberadaan perawat sangat membantu tugas dokter serta pasien.

Perawat banyak dibutuhkan di berbagai instansi kesehatan. Rumah sakit hingga klinik membutuhkan tenaga keperawatan dalam operasionalnya.

Hingga kini, jumlah pekerjaan yang membutuhkan keperawatan semakin melonjak naik setiap tahunnya.

2. Ilmu Komputer dan Teknik Komputer

Siapa sangka, sekarang ini kita telah memasuki era digital dimana semuanya serba menggunakan teknologi sebagai dasar kehidupannya. Oleh karena itu, banyak perusahaan lokal maupun asing yang ingin merekrut tenaga kerja dari lulusan Ilmu Komputer dan Teknik Komputer. Hal tersebut membuat dua jurusan ini menjadi jurusan yang dibutuhkan di masa depan.

Berkembangnya teknologi membuat perusahaan berlomba memperbaiki layanan elektroniknya. Banyak perusahaan yang meluncurkan website hingga aplikasi untuk mempermudah layanan konsumen.

Lulusan Ilmu Komunikasi dan Teknik Komputer ini sangat memerlukan jiwa kreativas yang tinggi, guna menciptakan fitur-fitur dan teknologi yang mempermudah kinerja manusia berikutnya.

Baca Juga : 11 Jurusan Yang Tidak Ada Matematikanya!

3. Matematika dan statistik

Dua jurusan ini juga paling dibutuhkan di dunia kerja. Lulusan matematika dan statistik dibutuhkan untuk menganalisa sebuah data. Hal-hal yang berkaitan dengan data sangat penting di berbagai industri didalamnya.

Data-data tersebut digunakan untuk menentukan solusi hingga cara pemasaran yang tepat dan teratur. Data yang didapat perusahaanpun bermacam-macam, tapi lebih mengarah untuk berupa data penjualan hingga konsumen.

Data tersebut kemudian diolah sedemikian rupa agar memunculkan sebuah kesimpulan. Kesimpulan tersebut kemudian digunakan untuk masalah penjualan atau produksi. Karenanya, jurusan matematika dan statistik akan banyak dibutuhkan di masa depan berikutnya.

Baca Juga : Tips Dan Trik Mengerjakan Soal Matematika

4. Psikologi

Berikutnya, adalah lulusan psikologi kini memiliki beragam pilihan karir yang menjanjikan. Di perusahaan, lulusan psikologi dibutuhkan sebagai bagian dari personalia atau yang sering kita dengar yaitu HRD.

Untuk dibidang kesehatan, mahasiswa lulusan jurusan psikologi ini bisa menjadi seorang psikolog. Mereka membantu pasien yang memiliki gangguan mental untuk bisa sembuh melalui konsultasi.

Beberapa sekolah juga membutuhkan lulusan psikologi sebagai bagian dari konseling siswa yang membentuk karakter siswa-siswi di sekolah.

Di beberapa instansi kenegaraan juga membutuhkan lulusan psikologi sebagai bagian dari memberikan masukan kepada kinerja pemerintah dan dapat bekerja di lembaga Komisi Perlindungan Anak dan perempuan.

5. Ilmu Gizi

Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia.

sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Yang tak kalah penting adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya.

6. Farmasi

Farmasi bertugas untuk meracik dan membentuk obat-obat yang ampuh melawan penyakit yang menerjang. Para mahasiswa juga mempelajari tentang struktur senyawa obat dan cara sintesisnya menjadi obat yang siap dikonsumsi.

7. Marketing

Jurusan marketing  juga memiliki potensi pekerjaan yang menjanjikan. Lulusan jurusan ini diarahkan menjadi seorang marketer yang handal.

Tugas dari marketer adalah membuat strategi pemasaran sebuah produk. Marketer juga bertugas untuk memaksimalkan pendapatan dengan berbagai strategi marketing. Seorang marketer harus jeli melihat pasar.

Penjualan produk sekarang bergeser ke ranah online. Para staf marketing dituntut untuk menguasai pasar daring ini. Maka dari itu muncul profesi baru yaitu digital marketer.

Profesi digital marketer sekarang banyak dicari oleh perusahaan. Profesi ini memanfaatkan banyak platform online dalam pemasaran produk perusahaan.

Nah, itu dia jurusan-jurusan yang telah dirangkum dan mungkin dapat menjadi idemu dalam memilih jurusan kedepannya. Pastikan juga kamu memilih jurusan yang tepat dengan kemampuanmu ya. 

Baca Juga : Mengenal Jurusan Aktuaria dan Prospek Kerjanya


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "7 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan Dimasa Depan"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel