Apa Itu Tes Potensi Skolastik (TPS) Pada UTBK ??

Apa Itu Tes Potensi Skolastik (TPS) Pada UTBK ??

Tak terasa tinggal hitungan bulan lagi kamu yang kini telah menginjak kelas 12 SMA atau SMK akan menempuh ujian untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa kita disebut dengan UTBK. Untuk menghadapi hal tersebut alangkah baiknya kamu tahu dahulu nih, tentang jenis-jenis soal yang kemungkinan akan dikeluarkan saat tes UTBK nanti.

Baca Juga : Daftar Jurusan Kuliah IPS Yang Bisa Diambil Oleh Anak IPA


Pada postingan kali ini Aku akan membahas salah satu jenis tes yang digunakan saat UTBK tahun 2020 yaitu, Tes Potensi Skolastik (TPS).

Tes Potensi Skolastik atau yang biasa disebut TPS adalah tes yang dibuat untuk menguji kemampuan dasar peserta UTBK dalam hal logika, analisis, dan lainnya yang meliputi :


1. Penalaran Umum

Pada bagian Penalaran Umum kamu akan banyak menemui soal berupa data yang disajikan dalam bentuk teks dan grafik. Kuncinya adalah membaca dengan cermat dan jangan terburu-buru. Pahami setiap kata yang ada, kemudian cobalah masing-masing katanya itu dianalisis kandungan maknanya. Setelah itu, kamu pasti mendapatkan maksudnya. Kamu juga harus bisa menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan. Ketika kita disediakan data, jangan sampai kita terlalu cepat menyimpulkannya. Cobalah untuk fokus dan cermat pada data yang telah disajikan.


Baca Juga : Ini 8 Universitas Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia


2. Pemahaman Bacaan dan Menulis.

Bagian berikutnya adalah Pemahaman Bacaan dan Menulis pada bagian ini kamu akan banyak menemui soal tentang pemahaman kamu dari suatu bacaan, pesan tersirat dalam teks. Kuncinnya jangan terlalu cepat dalam menyimpulakan bacaan, bacalah secara cermat tiap-tiap bagian dalam soal.


3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

Bagian yang ke-3 adalah Pengetahuan dan Pemahaman Umum, pada bagian ini kamu akan banyak menemui soal dalam bahasa Indonesia atau Inggris, Kalian perlu menyempatkan diri untuk membaca buku atau koran untuk memperluas wawasan kamu karena akan muncul soal seperti sinonim, antonim, idiom, dan penggunaan EYD secara tepat.

Baca Juga : Penyebab Banyak Yang Gagal SBMPTN Setiap Tahunnya


4. Pengetahuan Kuantitatif.

Pada bagian yang Pengetahuan Kuantitatif, kamu akan menemukan banyak soal yang bertipe hitung-hitungan. Pada bagian ini kamu akan memerlukan banyak pemikiran Matematis kamu untuk menyelesaikan soal-soal dengan tipe Pengetahuan Kuantitatif. Tipe soal yang sering mucul diantaranya Deret Bilangan, Himpunan, Peluang, Fungsi, Statistika, dan masih banyak lagi. Intinya pada bagian ini kamu harus hati-hati dalam penghitungan karna, salah sedikit akan fatal hasilnya.


Oke, itulah penjelasan Singkat dari aku tentang Tes Potensi Skolastik atau yang biasa disebut, TPS berserta bagian-bagiannya yang wajib banget kamu kuasai. Sekian postingan aku kali ini, jika ada pertanyaan tentang Tes Potensi Skolastik atau pertanyaan tentang UTBK lainnya kamu bisa meninggalkannya di kolom komentar yaa.

 Baca Juga : Tips Belajar UTBK Untuk Persiapan SBMPTN Tahun depan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Tes Potensi Skolastik (TPS) Pada UTBK ??"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel