Ini Penyebab Banyak Yang Gagal SBMPTN Setiap Tahunnya

Ini Penyebab Banyak Yang Gagal SBMPTN Setiap Tahunnya



hola !! 

kembali lagi diblog Pojokmading, pada postingan kali ini gw mau berbagi kenapa banyak orang yang gagal SBMPTN disetiap tahunnya padahal, setiap dari kita punya kesempatan yang sama untuk masuk PTN yang kita dambakan dari kecil.


menurut data yang gw dapet di lapangan, hampir 90% peserta SBMPTN gagal setiap tahunnya. Seperti  yang dapat lo lihat dalam data yang gw tulis dibawah ini:

Baca Juga : Tips Belajar Untuk SBMPTN Yang Benar


tahun Pendaftar Lolos


2018 860.001 165.831

2019 714.652 168.742

2020 662.404 167.653


Dari, data yang udah gw tulis diatas bisa dilihat bahwa hampir 90% peserta “GAGAL SBMPTN” di setiap tahunnya. pertanyaannya kenapa, banyak peserta harus gagal setiap tahunnya. 


pada postingan kali ini gw mau bagiin ke kalian penyebab banyak kakak kelas lo yang gagal SBMPTN.


1. Terlalu banyak santai

Yup! gw taruh ini di list pertama soalnya masih banyak banget calon Mahasiswa PTN terlalu "Santai" menghadapi SBMPTN. Masih banyak yang gua lihat para pemimpi jalur SBMPTN masih bisa scrolling Instagram, Main Game bareng temen-temen, bikin video Tik-Tok, kumpul-kumpul bareng temen yang gak bikin lu berkembang ataupun rebahan aja dirumah karna lo gak tau mau ngapain lagi yang mau dikerjain. Jangan sampe deh, lo gagal SBMPTN di tahun 2021. Jangan sia-siakan waktu lu buat hal yang jadi sibuk sama hal yang belum tentu bisa diharapkan dimasa depan lo.


2. Terlalu berharap sama jalur SNMPTN

kita tau, kalau SNMPTN adalah "Tiket Emas" untuk masuk ke PTN dengan niai raport dan prestasi akademik maupun prestasi non-akademik. Banyak banget peserta SBMPTN gagal karena terlalu berharap sama SNMPTN sehingga "cuma" belajar buat SBMPTN seadanya aja bahkan ada juga yang lebih ekstrem gak belajar sama sekali buat SBMPTN. Jangan sampai karena kamu udah daftar SNMPTN kamu gak belajar lagi buat SBMPTN.

Baca ini : Hal-hal yang harus kamu tau tentang SNMPTN



3. Gak tau seberapa ketat persaingan jurusan yang dipilih

banyak dari kita punya mimpi terlalu tinggi dan gak mau tau itu bisa gak dicapai dengan kemampuan yang ada pada diri lo. Banyak banget peserta UTBK termasuk gw juga gagal masuk SBMPTN karena gak tau seberapa ketat persaingan jurusan yang kita pilih di SBMPTN.  Saran gw buat lo kalau lo bener-bener mau jurusan yang itu, "usahakanlah" untuk banyak-banyak belajar agar lo bisa bersaing dengan ratusan orang yang mau ambil jurusan tersebut.

Baca Juga : Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Merantau!

4. Gak pernah perdalam materi yang gak dipahami

Banyak dari kita yang lebih suka belajar materi yang itu-itu aja, kalo lo seneng belajar Matematika ya lo harus "MAU" mempelajari Kimia juga. Soalnya SBMPTN itu gak cuma satu pelajaran aja bro. ada TPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, ataupun soal-soal penalaran lainnya. Jangan sampai nilai UTBK lo jatoh karena lo cuma belajar 1-2 materi aja.


5. Gak pernah ikut Try out SBMPTN

selain belajar, lo juga harus menerapkan ilmu yang udah lo dapet, lo juga harus mengasahnya dengan ikut try out. Sekarang udah banyak banget Situs-situs yang menyediakan TRY OUT secara gratis maupun yang berbayar untuk persiapan lo menjelang UTBK. Jadi, gak ada alasan lagi deh buat lo gak bisa belajar SBMPTN.

Baca juga : Tips untuk para pejuang PTN tahun depan

okee, sekian postingan gw kali ini. Kesimpulannya, kalau lo bener-bener mau Masuk PTN, belajarlah dengan sungguh-sungguh jangan setengah-setengah. Karna lo gak tau seberapa besar peluang lo bisa masuk PTN kalau lo cuma bergantung sama Ilmu yang lo dapet di SMA aja.

jangan lupa share ke temen-temen yang lainnya agar semakin banyak yang terbantu dengan postingan ini. 

Sampai Jumpa.. 

Baca juga : Tips Pilih Jurusan biar gak nyesel nanti


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 Komentar untuk "Ini Penyebab Banyak Yang Gagal SBMPTN Setiap Tahunnya"

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel