5 Perbedaan Antara Buku Fisik Dan Buku Digital

5 Perbedaan Antara Buku Fisik Dan Buku Digital

 


Dewasa ini, kita sudah memasuki era yang telah menggunakan teknologi di kehidupannya. Alhasil alat yang digunakan belajar oleh siswa sekarang ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini hampir di seluruh dunia dapat terakses dengan Internet yang membuat penggunaan teknologi di dunia meningkat, khususnya di Indonesia. Penelitian menunjukkan 84% penduduk Indonesia tercatat sebagai pengguna gadget (Kominfo, 2014). Adakah hal ini berpengaruh juga kepada berubahnya minat baca?

Tentunya, penggunaan gadget selalu melonjak tinggi seiring dengan bertambahnya fitur dan kemampuan dari gadget itu sendiri. Tak dipungkiri lagi dunia internet sudah merupakan dunia semua kalangan di zaman ini. Menjelajahi dunia oleh setiap kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa hingga usia lanjut (masih) tetap setia pada dunia maya. Tiada hari tanpa membaca, tiada hari tanpa memantau berita dan tiada hari tanpa mengenal dunia. Paling tidak ya sekedar mengetahui aktivitas rekan-rekan terdekat via online.

Mengikuti perkembangan ini, beberapa orang berpikir barangkali seseorang lebih berminat membaca buku di layar gadget mereka daripada membaca buku fisik. Maka terciptalah buku digital yang kita kenal juga dengan sebutan e-book. Dengan adanya e-book, apakah pada akhirnya buku fisik benar-benar sudah ditinggalkan? Benarkah minat membaca melalui E-Book akan meningkat?

Berdasarkan berbagai macam faktor, ternyata buku fisik belum ditinggalkan sama sekali oleh peminatnya. Apa saja faktor yang membuat peminat buku fisik masih banyak jumlahnya? Termasuk tipikal pencinta buku fisik atau buku digitalkah Anda? Berikut adalah perbandingan antara buku fisik dan buku digital dari berbagai sudut pandang.

Baca Juga : 8 Jurusan Kuliah Tersulit dan Namun Peminatnya sedikit

1. Kepraktisan

Dalam segi kepraktisan, tentu buku digital memiliki kapabilitas lebih praktis ketimbang dengan buku kertas. Bayangkan saja, dalam satu ponselmu itu memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan buku digital loh. Bahkan, didalam ponselmu dapat menampung hingga isi buku di seluruh perpustakaan di sekolahmu! Namun ini lain ceritanya apabila daya bateraimu telah habis, jadinya kamu engga baca buku.

Baca Juga : Ini Persyaratan Mengajukan KIP-Kuliah

2. Tingkat Fokus

Perbandingan berikutnya yakni tentang tingkat kefokusan. Bagi saya, kamu akan lebih mudah memahami bila membaca buku secara fisik. Mengapa? Karena saat kamu membaca buku fisik, alhasil kamu engga akan menerima notifikasi pemberitahuan yang muncul kapan saja di ponselmu. Ditambah lagi, bila kamu membaca E-Book, kamu lebih rentan menerima panggilan masuk ataupun pemberitahuan dari Game tertentu untuk login permainannya. Wah repot juga ya kalau begitu.

 

3. Harga



Harga buku dengan harga e-book tentu berbeda. Ibaratnya, setelah proses editing secara digital, buku fisik masih perlu mengalami proses percetakan, sedangkan buku digital tidak. Oleh karena itu, ongkos pembuatan buku digital berbeda dengan buku fisik. Hal ini memengaruhi juga dengan penentuan harga buku fisik dengan buku digital.

Di satu sisi, beberapa buku digital diperjualbelikan secara online dengan harga murah bahkan gratis. Di sisi lain, ada pula buku-buku langka yang di-digitalkan (di-scan karena hanya bentuk fisiknya saja yang tersisa) dan diperjualbelikan dengan harga yang relative lebih mahal.

Di sisi lain, buku-buku fisik juga ada yang dijual dengan harga murah di bazzar toko buku. Akan tetapi, buku-buku yang dijual murah biasanya merupakan buku-buku terbitan lama. Beberapa toko buku pun kini berlomba – lomba untuk memberikan diskon besar – besaran kepada semua orang, mulai buku pendidikan, tips & trik, dan bisnis selalu di berikan diskon di beberapa tempat di Indonesia. Kamu bisa mencarinya di google atau datang ke toko buku tersebut.

 

4. Ramah Lingkungan

Tidak dapat dimungkiri bahwa adanya buku digital membantu mengurasi kertas yang diproduksi dari pohon untuk membuat buku tercetak. Semakin banyak buku digital, semakin sedikit pohon yang harus ditebang. Semakin banyak pohon yang dibiarkan hidup, semakin baik untuk lingkungan. Itulah sebabnya teknologi buku digital memang pantas disebut ramah lingkungan.

Menindaklanjuti masalah tersebut, beberapa buku dari beberapa penerbit mulai bergerak untuk menanggulangi permasalahan lingkungan. Sebagai contoh buku 99 Wisdom terbitan Noura membuat langkah besar. Setiap satu buku yang dicetak dan dibeli, ada satu pohon yang ditanam demi untuk keberlanjutan ekosistem. Semoga setiap buku lain mulai melakukan hal serupa sehingga lingkungan yang lebih rindang dan hijau bukan lagi angan dan permasalahan global warming dapat teratasi.

 Baca Juga : Ini Alasan Kuat Mahasiswa Selalu Ikut Berdemo

5. Kesehatan Mata



Terakhir, faktor yang tidak kalah penting dalam membandingkan keduanya. Faktor tersebut adalah mata. Ya, karena mata digunakan untuk membaca informasi dan pelajaran. Menindaklanjuti masalah tersebut, beberapa buku dari beberapa penerbit mulai bergerak untuk menanggulangi permasalahan lingkungan. Sebagai contoh buku 99 Wisdom terbitan Noura membuat langkah besar. Mata merupakan alat indera pengelihatan yang sangat penting fungsinya untu digunakan dalam kegiatan membaca. Baik buku digital maupun buku fisik, keduanya sama-sama memerlukan mata untuk melihat tulisan-tulisan. Departemen Kesehatan di Amerika Serikat baru-baru ini meneliti bahwa seseorang sebaiknya melihat layar kurang dari dua jam dalam sehari. Menatap layar lebih dari yang dianjurkan berpotensi merusak mata Anda. Hal ini tidak hanya berlaku untuk layar komputer ataupun televisi tetapi juga layar ponsel Anda.  Di luar penelitian tersebut pun, mata Anda memang akan lebih cepat lelah ketika membaca buku digital dalam jangka waktu yang lama dibandingkan dengan buku fisik.


Kesimpulan yang dapat diambil yaitu, baik buku fisik maupun buku non-fisik memiliki keunggulan serta kelemahannya. Namun, gunakanlah gadget itu dengsn membuka hal-hal yang tidak berkaitan yang kamu pelajari saat ini. Gunakan sesuai kebutuhan saja. Selama minat membaca Anda menjadi lebih besar oleh sebab salah satu dari keduanya, tentu tidak jadi masalah! Jadi, buku apa yang mau Anda baca hari ini? Semoga kamu engga kesulitan dalam memilih penggunaan buku tersebut.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "5 Perbedaan Antara Buku Fisik Dan Buku Digital"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel