Apa Itu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri

Apa Itu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri

 


Buat kamu yang kini telah menginjak kelas 12 SMA yang memiliki tujuan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mungkin ada dari kamu para pembaca blogku yang masih binggung apa itu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Dipostingan kali ini admin Pojokmading.blogspot.com akan berbagi banyak tentang SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Jadi dipastikan baca sampai habis ya, agar tidak ada informasi yang salah tangkap.


1. SNMPTN
Yang pertama adalah SNMPTN, melalui singkatannya kita dapat memperpanjangnya menjadi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN adalah jalur masuk PTN melalui Seleksi Nilai rapor, Akreditasi sekolah, Prestasi Akademik, Prestasi Non akademik, dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat mempengaruhi penilaian SNMPTN.

Dengan rincian berdasarkan Akreditasi sekolah
Akreditasi A : 40 % dari total siswa
Akreditasi B : 25 % dari total siswa
Akreditasi C : 5 % dari total siswa
Ingat yah, nilai presentase diatas bukanlah nilai yang menunjukan bahwa sudah pasti 40% siswa disekolah kamu masuk PTN, nilai-nilai itu nanti akan diseleksi lagi berdasarkan jurusan yang kamu minati.


2. SBMPTN
Yang kedua yang akan admin bahas adalah SBMPTN, yang memiliki kepanjangan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan oleh LTMPT untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Untuk Jalur SBMPTN ini tidak terpaku dengan Akreditasi sekolahmu ataupun nilai-nilai semasa disekolahmu melainkan merujuk kepada nilai UTBKmu nantinya.

Baca juga : Jurusan Aktuaria dan Prospek Kerjanya

3. Ujian Mandiri
Jalur yang ketiga yang dibuka oleh setiap PTN yang ada di Indonesia adalah Ujian Mandiri. Ya, Ujian Mandiri yang sudah banyak PTN mengadakan penerimaan calon mahasiswa baru melalui Jalur Mandiri.

Untuk persyaratan-persyaratan dan hal-hal yang harus diikuti mempunyai tata cara ujian yang berbeda-beda sesuai dengan PTN yang kamu tuju. Ada yang menggunakan nilai UTBK, nilai UTBK ditambah dengan nilai rapor, hingga pihak PTN mengadakan tes untuk menerima calon mahasiswa baru. Untuk soal yang digunakan tidak jauh kok sama soal SBMPTN.

Baca juga : 8 Jurusan Kuliah Tersulit dan Banyak Peminatnya

Nah, itu dia hal-hal yang kamu bisa lakukan untuk menempuh pendidikan di PTN. Untuk dapat masuk ke PTN tidaklah mudah, oleh karena itu hendaklah kamu para pembaca giat-giatlah belajar. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar topik yang udah admin bahas kamu kirimkan saja komentar nanti admin akan menjawabnya.

Semangat!!


Baca juga : Wajib Dibaca!! 5 Tips Untuk Para Pejuang PTN

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel