6 Jurusan Langka Di Indonesia Dengan Prospek Kerja Besar

6 Jurusan Langka Di Indonesia Dengan Prospek Kerja Besar

Beberapa bulan lagi anak kelas 12 SMA akan mengalami kelulusan yang merupakan sebuah langkah awal untuk menjalani kehidupan masa depannya masing-masing. Ada yang memilih bekerja, memilih berwirausaha, dan ada yang memilih berkuliah. 

Baca Juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah

Bukan hal yang baru, setiap siswa menginginkan melanjutkan studinya ke jurusan favorit atau bahkan perguruan tinggi yang favorit. Biasanya jurusan favorit diserbu oleh ribuan peminat yang menginginkannya. Tak dapat dipungkiri, sainganmu pun sangat banyak untuk merebutkan kursi di jurusan favoritmu itu. Padahal, selain persaingan yang sangat besar, jurusan yang difavoritkan tidak akan menjamin masa depan para calon mahasiswa tersebut. 


Berikut, adalah beberapa jurusan kuliah yang langka di Indonesia, namun memiliki prospek kerja yang meyakinkan. Berikut adalah 6 jurusannya :

1. Kriminolog 


Pernahkah kamu menonton film Sherlock Holmes atau Detective Conan? Bila kamu menggemari hal-hal yang misterius atau penuh teka-teki, maka kamu cocok menjadi mahasiswa di jurusan kriminolog ini. 

Jurusan ini tidak hanya menganalisa kriminal yang terjadi, tetapi juga mempelajari seluk-beluk kasus kriminal. 

Di Indonesia sendiri, Ilmu Kriminologi hanya dapat dipelajari di tiga universitas saja, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau.


2. Aktuaria 

Mungkin dari beberapa orang, terdengar asing nama jurusan ini. Jurusan aktuaria ini, memiliki peluang yang cukup besar untuk masa depanmu.

Sebenarnya, jurusan ini mempelajari mengenai tentang ilmu pengelolaan resiko keuangan pada masa depan. Bisa dibilang, ilmu yang ada di dalam jurusan ini merupakan gabungan dari ilmu matematika, keuangan, pemrograman komputer serta statistika. 

Baca Juga : Kenali Jurusan Aktuaria    Dan Prospek Kerjanya

3. Astronomi

Bicara soal astronomi, pasti beberapa dari kamu langsung berpikir akan menjadi astronom. Yang akan kamu pelajari disini akan lebih condong terhadap ilmu-ilmu pengetahuannya seperti ilmu tata surya, fisika bintang, galaksi dan kosmologi. 

Kamu akan lebih banyak berkecimpung di dunia observasi terhadap benda-benda langit tersebut. Di Indonesia, jurusan ini hanya tersedia di Institut Teknologi Bandung.

 Nah, ketika kamu sudah lulus dan menjadi astronomer, keahlianmu sangatlah dibutuhkan pada lembaga-lembaga antariksa dan penelitian di Indonesia.


4. Ilmu Perpustakaan

Dengan mendengarnya saja, anda pasti mengacuhkan pilihan ini. Di benak anda, Perpustakaan adalah tempat yang membosankan. Tapi memilih jurusan ini dapat membawa anda menuju kesuksesan. 

Pasalnya, ilmu perpustakaan ini mengajarkan kamu mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi yang ada di suatu perpustakaan, serta berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi pada umumnya.

Dengan kata lain, wawasan anda akan bertambah luas dengan bayaran yang cukup tinggi. Ilmu perpustakaan tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia.


5. Arkeologi 

Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia pada masa lalu melalui kajian sistematis atas data benda-benda yang ditinggalkan, seperti artefak dan prasasti. 

Dengan memilih jurusan ini anda berkesempatan direkrut oleh para ilmuwan arkeolog dari luar negeri untuk meneliti peradaban sebuah suku di sebuah bantaran sungai pada zaman dahulu. Anda pun dapat bergabung dengan mereka untuk meneliti sejarah kehidupan dinosaurus, misteri UFO, manusia purba dan lain sebagainya. 

Sangat menarik untuk anda yang menggemari bertualang berkeliling dunia. Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran adalah beberapa kampus penyelenggara studi arkeologi di Indonesia.


6. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan


Bagi kamu yang sejak sekolah menyukai pelajaran biologi saat SMA, jurusan ini bisa menjadi pilihan relatif untuk kamu. 

Setelah kamu menyelesaikan jurusan ini, kamu akan dapat menjadi pencetus produk-produk yang bisa mengusir hama tanpa harus merusak lingkungan. Ingat, bahwa Indonesia termasuk negara yang agraris yang dapat dikatakan memiliki prospek yang cukup luas di bidang pertanian. Jurusan ilmu hama dan penyakit tumbuhan dapat ditemukan di Universitas Hasanuddin.

Itulah 6 jurusan langka dengan prospek gaji cukup fantastis. Perlu diketahui, bahwa jurusan kuliah tidak akan menjadikan anda sukses apabila anda tidak serius dan melakukan inovasi dengan lingkungan sekitar. Hal yang paling penting adalah bagaimana anda mengamalkan ilmu yang anda dapatkan pada saat kuliah, baik pelajaran kelas maupun ilmu bersosialisasi dan organisasi.

Baca Juga : 7 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan Dimasa Depan!

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "6 Jurusan Langka Di Indonesia Dengan Prospek Kerja Besar"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel