5 Langkah Tepat Mengelola keuangan

5 Langkah Tepat Mengelola keuangan


Uang merupakan alat tukar yang biasa digunakan ditengah masyarakat Indonesia maupun Dunia. Tak dapat dipungkiri, uang telah menjadi salah satu gaya hidup yang harus dipenuhi oleh setiap kita. 

Tanpa adanya pemahaman tentang cara pengelolaan keuangan yang baik, Tentunya akan berdampak buruk pada kehidupan kita kedepannya. 

Lalu, bagaimanaka cara mengelola keuangan yang baik agar dapat memberikan dampak positif bagi kita kedepannya? 

Melalui postingan ini, saya akan berbagi cara saya mengelola keuangan yang baik yang telah saya terapkan dalam kehidupan saya dan hasilnya dapat dirasakan oleh Anda tentunya.


1. Buat rencana anggaran.
Langkah awal yang wajib dilakukan adalah, membuat rencana anggaran. Seperti contoh 75% dari penghasilan anda dapat gunakan, 20% dari penghasilan anda dapat digunakan untuk keperluan mendadak, dan 5% sisahnya dapat di simpan untuk kedepanya. 

Tentunya, presentase yang telah saya buat tersebuat dapat anda buat sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan syarat, harus ada yang disimpan dari penghasilan utuh anda perbulannya.

2. Belanja sesuai kebutuhan
Langkah ini tak kalah penting dengan langkah pertama, yaitu belanja sesuai dengan kebutuhan anda bukan sesuai nafsu anda. Jangan tergiur dengan diskon yang besar maupun flash sale.

3. Selalu prioritaskan yang lebih penting
Sama seperti langkah sebelumnya, setiap anda berbelanja, Upayakan belilah sesuai kebutuhan anda, bukan pada trend.

Ingat, tujuan Anda adalah hendak menghemat pengeluaran bulanan sehingga upayakan agar hal ini bisa berjalan dengan baik dan selalu terarah.



4. Catat setiap pengeluaran anda
Mencatat pengeluaran dapat membantu anda untuk mengetahui keperluan apa yang paling besar, sehingga anda dapat meredam pengeluaran anda dengan baik.

5. Hindari berhutang

Sebisa mungkin Anda hindarilah untuk berhutang kepada siapapun. Contoh yang paling kecil adalah, hindari penggunaan kartu kredit yang malah bisa menguras pendapatan hanya untuk membayar cicilan bulanan berikut bunga-bunganya.



Nah, itu adalah 5 langkah yang telah saya terapkan untuk mengelola keuangan saya. Semoga Anda dapat menerapkannya juga dalam kehidupan Anda....

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "5 Langkah Tepat Mengelola keuangan"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel