Mengenal Prokrastinasi, Kebiasaan Menunda Pekerjaan Dan Tips Menghilangkannya

Mengenal Prokrastinasi, Kebiasaan Menunda Pekerjaan Dan Tips Menghilangkannya

Bagi kamu yang sekrang sedang menempuh pendidikan, atau sebagai seoarang pekerja kantoran, pastinya sudah tidak asing lagi dengan banyaknya tugas yang menumpuk yang harus diselesaikan dalam waktu secepatnya atau setidaknya tepat pada waktunya. Namun, setiap kali kamu akan mengerjakan tugas tersebut rasanya pekerjaan tersebut dapat ditunda sebentar saja. 


Di era yang super cepat ini, tidak dapat dipungkiri oleh Sobat Mading, bahwa menuntut kita untuk hidup yang serba cepat dan teratur. Dalam setiap mengawali minggu seringkali kita memiliki goals yang ingin dicapai dalam hari-hari kedepannya. Tapi, berapa dari kita yang ingin menunda perkejaan tersebut?


Tau gak sih, kalau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan itu biasanya disebut dengan istilah prokrastinasi. Memang istilah ini jarang didengar oleh orang awam seperti kita, Prokrastinasi merupakan istilah psikologis untuk orang orang yang memiliki kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan yang penting demi mengerjakan pekerjaan yang kurang penting.


Sadar atau tidak ternyata kita sering banget loh melakukan prokrastinasi dalam kehidupan sehari hari. Contohnya kamu meliki tugas yang harus dikumpul besok pagi tetapi kamu malamnya malah memilih untuk menunda dan tiba-tiba kamu mengerjakannya tengah malam atau bahkan kamu mengerjakan tugas tersebut pada saat akan dikumpulkan. Hayoo siapa yang sering melakukan itu??


Menunda nunda pekerjaan atau istilah psikologisnya prokrastinasi memiliki dampak yang negatif bagi kehidupan kita semua. Seperti contoh sebelumnya, tugas yang seharusnya dapat kita selesaikan lebih awal malah dikerjakan pada saat hendak dikumpulkan hal tersebut akan berdampak hasil yang kita kerjakan dari tugas tersebut tidak akan maksimal dikarenakan dikerjakan secara terburu buru.


Nah, biar kamu gak mengulangi kesalahan yang sama secara berulang-ulang alangkah baiknya kamu mengetahui bagaimana caranya menghilangkan kebiasaan menunda nunda pekerjaan. Berikut ini aku akan membagikan beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan prokrastinasi atau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.


1. Buat Rencana Prioritas

Skala prioritas merupakan urutan pekerjaan yang diurutkan dari yang terpenting hingga yang kurang penting atau dapat dikerjakan lain waktu. Skala prioritas menjadi aku letakan pada point pertama karena dengan membuat skala prioritas kita dapat mengetahui pekerjaan yang harus diselesikan segera dan yang dapat ditunda lain waktu.

Skala Prioritas ini merupakan hal mendasari dari tindakan yang akan kita lakukan dikedepannya. Ketika menjalankan rutinitas, kita pasti membedakan apa yang harus terlebih dahulu dikerjakan dan mana yang bisa dinomor duakan. Dengan adanya skala prioritas, kamu tahu apa saja yang harus kamu kerjakan dengan urutan dan tujuan yang jelas.

Apabila skala prioritas ini telah terbentuk, maka dirimu tidak lagi mengalami tugas yang tertunda atau bahkan sampai deadline menjemput. Kalau kamu punya prioritas, kamu akan tetap fokus mengerjakan tugas yang penting dan mengesampingkan atau menunda tugas yang tidak penting.

2. Singkirkan Segala Distraksi Yang Ada

Pada saat kita bekerja tidak dapat dipungkiri, bahwa kita seringkali kehilangkan fokus dengan berbagai distraksi yang ada disekitar kita. Contoh dari distraksi yang paling banyak dihadapi adalah bermain gadget.

Kita dapat mematikan nontifikasi telpon sehingga kita tidak terpancing untuk bermain gadget. Selain itu, kita juga dapat meletakan gadget jauh dari pandangan kita, sehingga kita akan memerlukan effort untuk bermain gadget tersebut.

Ada baiknya kamu melakukan tugas tanpa adanya hal yang membuat pikiranmu buyar, seperti gadget yang masih berdering, ataupun mendengarkan lagu kesukaanmu. Distraksi ini pada umumnya bisa terjadi secara tidak disengaja maupun disengaja, oleh karena itu yuk mulailah untuk membiasakan diri untuk tidak bermain gadget terlalu lama!

3. Kuatkan Niat

Niat merupakan langkah yang tidak dapat dilupakan, dengan niat yang kuat kita dapat menghilangkan kebiasaan kebiasaan buruk yang kita miliki termasuk menghilangkan kebiasaan menunda nunda pekerjaan atau prokrastinasi. Niat harus dikuatkan secara senantiasa atau secara terus menerus mulai dari pagi hari sampai kamu selesai beraktivitas.


4. Evaluasi Progress

Kamu dapat melakukan evaluasi untuk mengetahui apakah langkah-langkah yang sudah kamu terapkan sudah maksimal atau masih mengalami kendala.


Apabila jawabannya masih mengalami kendala, kamu dapat mengulagi langkah-langkah tersebut secara berulang-ulang dan mencari tahu bagaimana menghilangkan kendala tersebut.


Itulah langkah-langkah yang yang dapat kamu terapkan untuk menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Aku ingatkan lagi bahwa menunda-nunda pekerjaan akan memberikan dampak negatif bagi kamu dimasa yang akan datang. Sekian postiga kali ini, apabila ada pertanyaan terkait prokrastinasi kamu bisa meninggalkan komentar dibawah ya. 


~ Salam Sukses...

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Prokrastinasi, Kebiasaan Menunda Pekerjaan Dan Tips Menghilangkannya"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel