Ini Penyebab Kuota SNMPTN Setiap Sekolah Berbeda-beda

Ini Penyebab Kuota SNMPTN Setiap Sekolah Berbeda-beda

Mengecek kuota SNMPTN Secara Online


Pada 28 Desember 2020 pada pukul 15:00 yang lalu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jumlah kuota setiap sekolah untuk mendaftar dalam SNMPTN 2021. SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguran tinggi berdasarkan nilai akademik dan prestasi non akademik baik itu tingkat kabupaten, nasional bahkan sampai tingkat internasional. 

Baca Juga : 10 Progam Studi Terketat Dalam SNMPTN 2021


Banyak pelajar yang merasa senang karena kuota yang diumumkan pemerintah untuk sekolahnya banyak. Sebaliknya, terdapat pula sekolah-sekolah yang hanya tersedia kuota yang cukup sedikit untuk mendaftar SNMPTN 2021 ini. Sebenarnya apa saja yang mempengaruhi kuota setiap sekolah??

Yuk disimak artikelnya...


1. Ditentukan Akreditasi Sekolah

Akreditasi memegang peranan yang sangat besar terhadap kuota yang disediakan oleh pemerintah. Besaran kuota pada masing-masing sekolah berdasarkan akreditasi sekolah seperti berikut ini:


>> Akreditasi A mendapat kuota 40%

>> Akreditasi B mendapat kuota 25%

>> Akreditasi C dan tidak terakterditasi mendapat kuota 5%



2. Ditentukan oleh Jumlah siswa

Di point yang kedua, kuota setiap sekolah ditentukan oleh jumlah siswa pada sekolah tersebut. Semakin banyak siswa pada sekolah tersebut, maka akan semakin besar kuota yang didapat oleh sekoah untuk mendaftar dalam SNMPTN 2021.


Misalnya, jika dalam satu sekolah terdapat dua jurusan yaitu IPA dan IPS dan masing-masing jurusan memiliki siswa 100, Dan sekolah tersebut memiliki akreditasi A. Maka berdassarkan data di point sebelumnya, kuota yang pada salah satu jurusan di sekolah tersebut adalah 40 siswa terbaik disekolah itu.

Baca Juga : Cara Mengecek Kuota SNMPTN 2021


Pada prinsipnya setiap siswa menginginkan lolos masuk perguruan tinggi yang diinginkan dengan jalur SNMPTN. Perlu diingat kembali, SNMPTN bukanlah satu-satunya jalur yang dapat kamu andalkan untuk masuk dalam PTN impian kamu. 

Sekedar mengingatkan: Setiap tahunnya, ada ribuan pelajar yang gagal masuk kuliah karena terlalu berharap dengan penerimaan SNMPTN. Oleh karena itu, sangat menyarankan agar kamu jangan hanya mengandalkan jalur SNMPTN saja. Namun juga mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN dan juga Ujian Mandiri. Jika ada pertanyaan terkait topik pada postinga kali ini jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah ya~~ 

Good Luck

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Ini Penyebab Kuota SNMPTN Setiap Sekolah Berbeda-beda"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel