Tips Jitu Menang Lomba Menulis!

Tips Jitu Menang Lomba Menulis!

 



Kamu pernah nggak sih dapet info lomba yang kepengin banget kamu ikutin tapi ternyata deadline-nya sudah sangat mepet? Biasanya apa yang kamu lakukan? Eitss ... jangan putus asa dulu, teman-teman. Di sini PojokIlmuh akan bagi-bagi tips nulis dengan deadline yang mepet namun hasil tetap maksimal.


1. Tulislah Apa Yang Kamu Pikir




Langkah pertama ialah mulailah terlebih dahulu tulisan kamu dengan segala yang terbesit di pikiranmu, tentunya sesuai dengan tema yang dilombakan. Misal, tema yang dilombakan tentang “Virus Corona dalam Ekonomi”, tulislah hal-hal apa saja yang berkaitan dengan itu.



2. Pilihlah Satu Kata Kunci




Langkah selanjutnya, pilihlah satu topik yang akan kamu bawakan dalam rancangan kamu. Misal, tema yang tadi kamu mengambil topik “Dampak Pengusaha Kecil dalam Hantaman Corona”. Atau yang lain lagi, sesuai topik yang kamu pahami.


3. Mulailah Mengembangkan Kata Kuncinya




Langkah berikutnya, kembangkan kata kunci tersebut menjadi beberapa kalimat  yang berisi topik yang kamu kembangkan. Teruslah mengembangkan karya yang kamu buat sampai batas maksimal dalam lomba tersebut.


4. Mulailah Padatkan Karyamu



Setelah selesai, bacalah kembali ketentuan yang tertera pada instansi lomba tersebut. Mulai dari ketentuan font, kata, spasi, hingga ukuran kertasmu


5. Pastikan Sesuai Dengan KBBI





 Setelah karya kamu diendapkan beberapa waktu, kamu bisa kembali membukanya dan melakukan editing. Periksa semua kalimat yang ada, perbaiki yang tidak efektif, cek juga salah ketik yang muncul, penggunaan tanda baca, juga KBBI, dan sesuaikan dengan syarat perlombaan.


6. Kirimlah Karyamu




Kirimkan naskah kamu dengan teliti dan seksama ke paniti, pastikan nama, karya kamu, dan email sudah betul semua.


7. Berdoalah selalu




Berdoalah, kamu sudah melakukan usaha yang paling maksimal.


Nah tadi adalah langkah-langkah yang kamu bisa praktekkan dalam membuat karya, entah itu puisi, cerpen, bahkan blog sekalipun langkah-langkahnya sama. Semoga bermanfaat yahh.



Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu Menang Lomba Menulis!"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel