CARA MENUMBUHKAN JIWA KEPEMIMPINAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

CARA MENUMBUHKAN JIWA KEPEMIMPINAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

How Leadership Drives Organization Performance - Web Design | UX ...

Ketika kita mendengar kata “pemimpin” hal pertama yang ada di benak kita adalah sesorang yang memiliki sikap yang dapt memengaruhi sesorang ataupun orang banyak. Menurut Rauch dan Behling, “kepemimpinan adalah suatu proses yang memengaruhi aktivitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujan bersama”.


Banyak definisi yang dapat diberikan untuk menggambarkan kata pemimpin, banyak yang berasumsi bahwa kepemimpinan dihubungkan dengan proses memengaruhi orang ataupun individu maupun masyarakat.


Remaja merupakan pemimpin masa depan, generasi penerus, serta kebanggan dan harapan bangsa. Setiap remaja setidaknya memiliki panggilan jiwa untuk mengemban tugas yang tak mudah tersebut. Sejak kecil anda sudah diperkenalkan dengan organisasi-organisasi sekolah dari sekolah dasar bahkan sampai ke perguruan tinggi.


Jiwa kepemimpinan dapat dikembangkan dan dilatih sejak dini asalkan anda mau berusaha dan berlatih secara konsisten tentunya. Sifat kepemimpinan bukanlah dari warisan orang tua ataupun leluhur kita sifat ini harus ditanamkan sejak dini oleh diri kita sendiri. Cara menumbuhkan sifat kepemimpinan antara lain:

 

1.       MEMILIKI VISI DAN MISI

Langakah awal dalam menjadi seorang yang memilki jiwa pemimpin dengan baik adalah dengan memiliki visi dan misi. Visi dan misi tersebut hendaknya divisualisasikan sehingga anda selalu menggingatnya dan berusaha untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

 

2.       MELATIH DIRI UNTUK MEMIMPIN DI LINGKUNGAN TERDEKAT.

Misalnya, melatih kepemimpinan adiknya, kemudian berlatih menjadi ketua karang taruna, menjadi ketua OSIS , dan sebagainya sehingga anda mendapatkan posisi yaqng penting dalam organisasi.


3.       DAPAT MEMANAJEMEN DIRI.

Sebelum dapat memimpin orang lain alangkah lebih baiknya anda dapat memeanajemen diri anda sendiri. Menjadi diri tang efektif dengan memiliki kedisiplinan dan daya mental posistif. Mental yang positif antara lain, tanggung jawab, jujur, rajin, semangat, pantang menyerah, dan sebagainya.

Menjadi seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan sejatinya bukannlah hal yang sulit asalkan anda mau melatihnya secara konsisten tanp henti. Sekian postingan saya kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tingalkan kometar di bawahya..

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "CARA MENUMBUHKAN JIWA KEPEMIMPINAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel