Tips Mengatur Waktu Untuk Hidup Lebih Produktif Dan Efektif

Tips Mengatur Waktu Untuk Hidup Lebih Produktif Dan Efektif

Waktu merupakan salah satu hal yang tidak dapat kembali lagi jika telah terlewat. Banyak dari kita merasa menyesal setelah kehilangan waktu beberapa menit atau beberapa jam hanya untuk mengerjakan pekerjaan yang sepertinya dapat dilakukan lain waktu. Bahkan ada yang merasa bahwa 24 jam dalam sehari itu merupakan waktu yang sangat sedikit baginya, oleh "kesibukannya" yang dibuat sendiri.

Mungkin saja karena waktu yang telah terlewat tersebut teman teman Sobat Mading melewatkan kesempatan yang hanya muncul sekali dalam hidup. Membuang waktu tidak hanya membuang kesempatan bagi masa kini tetapi juga membuang kesempatan untuk masa depan yang akan teman teman Sobat Mading akan hadapi di masa yang akan datang. 

Dengan kemampuan manajemen waktu yang baik, Sobat Mading dapat menciptakan kehidupan yang lebih terstruktur, terarah, dan tentunya lebih produktif. Selain itu, kamu pun berkesempatan untuk bertanggung jawab penuh pada setiap tugas yang Sobat Mading kerjakan. Berikut ini aku akan membagikan beberapa tips kepada teman teman Sobat Mading untuk mengatur waktu yang terbaik, khususnya untuk belajar, yuk disimak artikelnya:

1. Membuat Skala Prioritas Pekerjaan
Prioritas pekerjaan merupakan susunan atau urutan terhadap beberapa aktivitas yang Sobat Mading akan kerjakan dari yang terpenting hingga yang dirasa pekerjaan tersebut kurang penting bagi Sobat Mading. Skala prioritas biasanya dibuat dalam jangka waktu tertentu seperti untuk harian, mingguan, atau bahkan untuk bulanan. Membuat skala prioritas pekerjaan dapat membantu Sobat Mading untuk mengetahui pekerjaan yang paling penting untuk dilakukan hingga pekerjaan yang bisa dilewati atau dikerjakan lain waktu disaat waktu senggang.

Aku sarankan dalam membuat skala prioritas pekerjaan dimulai dari pekerjaan yang wajib dan sangat penting kamu kerjakan seperti hingga kepada pekerjaan yang Sobat Mading dapat kerjakan lain waktu.

2. Buat Jadwal Kegiatan
Setelah Sobat Mading menentukan pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan pekerjaan yang dapat dikerjakan lain waktu, Sobat Mading dapat membuat jadwal kegiatan yang berdasarkan skala prioritas yang telah dibuat sebelumnya. Dalam membuat jadwal kegiatan Sobat Mading dapat memberikan waktu istirahat setelah melakukan aktivitas.

Karena dengan melakukan istirat Sobat Mading dapat mengurangi kepenatan dalam diri. Istirahat juga penting untuk membuat pikiran kembali fokus pada saat kembali beraktivitas. Waktu istirahat dapat diberikan sekitar 10 menit di setiap aktivitas sehingga Sobat Mading dapat mengerjakan tugas dengan lebih baik.

3. Jauhkan Distraksi
Salah satu penghalang kita pada saat akan melakukan suatu aktivitas adalah distraksi atau penghalang. Distraksi yang biasanya paling banyak dirasakan oleh banyak teman teman Sobat Mading adalah berupa main handphone, nonton televisi, komik kesayangan, ataupun mengobrol dengan teman. Oleh karena itu, untuk fokus dalam mengerjakan aktivitas sampai aktivitas tersebut selesai, Sobat Mading dapat menjauhkan distraksi-distraksi tersebut dari sekitar mu.

4. Disiplin dan Konsisten
Disiplin dan konsisten merupakan kunci kesuksesan dari berbagai kegiatan dalam hal ini adalah mengatur waktu. Pastikan Sobat Mading terus disiplin dalam menjalankan jadwal yang telah dibuat sebelumnya agar berjalan dengan baik.

Bila Sobat Mading telah berhasil menjadi pribadi yang disiplin dan konsisten, Sobat Mading jangan merasa bangga terlebih dahulu dikarenakan itu akan membuat Sobat Mading kembali malas dalam mengatur waktu.

5. Melakukan Evaluasi
Setelah ke empat langkah tersebut telah dilakukan dengan baik, hal terakhir yang harus Sobat Mading lakukan adalah melakukan evaluasi terhadap kesalahan dan tantangan yang telah dihadapi selama menerapkan langkah-langkah diatas. Sobat Mading dapat melakukan evaluasi setiap harinya untuk mengetahui apakah pekerjaan yang Sobat Mading lakukan sudah efisien atau malah sebaliknya?

Kalau jawaban dari pertanyaan tersebut belum memuaskan, Sobat Mading dapat memperbaiki letak kesalahan dan berusaha untuk kembali disiplin terhadap jadwal yang telah dibuat.

Itulah beberapa tips yang Sobat Mading dapat terapkan untuk mengatur waktu agar lebih efektif agar Sobat Mading dapat mencapai apa yang diinginkan. Semoga Sobat Mading dapat mengatur waktu dengan lebih baik lagi setelah Sobat Mading membaca artikel ini. Apabila terdapat pertanyaan terkait postingan kali ini, jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah yah.

~ Salam Sukses...

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatur Waktu Untuk Hidup Lebih Produktif Dan Efektif"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel