Contoh Soal Bahasa Panda dan pembahasannya Terbaru Part 1

Contoh Soal Bahasa Panda dan pembahasannya Terbaru Part 1



Menjelang ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang biasa disebut dengan UTBK, kita harus menambah banyak belajar materi-materi dan contoh-contoh soal. Salah satunya adalah materi tentang bahasa panda. Soal bahasa panda mulai populer pada UTBK tahun 2020. Soal bahasa panda merupakan tipe soal yang mengkombinasikan huruf dan angka yang memiliki pola tertentu. 

Banyak siswa UTBK 2020 yang lalu mengalami kesulitan pada saat mengerjakan soal bahasa panda ini. Penyebab diantaranya adalah karena kurangnya latihan-latihan soal dalam pengerjaan soal bahasa panda ini. Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai soal-soal bahasa panda dan pembahasannya. Yuk disimak artikelnya...



1. Pada tahun 2070 Alien telah dapat berkomunikasi dengan manusia secara normal. Tetapi, terdapat beberapa kata yang menurut ilmuan sulit untuk diterjemahkan. Berikut adalah contoh kalimat yang berhasil diterjemahkan oleh ilmuan.

(1) Pguarte! lalauye?! = hai semua !
(2) Pguarte! operye plotye! = Selamat Pagi semua!
(3) operpty! plotye qen!t!  = Halo Selamat sore!
(4) qen!t lalauye?! = ....

Jika kita amati pada terjemahan nomor 2 dan nomor 3 terdapat kata terulang yaitu kata plotye dan kata selamat pada terjemahannya. Sehingga dapat kita artikan bahwa kata selamat memiliki arti plotye.

Jika kita perhatikan pada urutan kata antara bahasa alien dan terjemahannya memiliki urutan yang dibalik. yaitu kata yang urutan pertama pada bahasa alien adalah kata terakhir pada terjemahan. Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa arti dari setiap kata-kata alien tersebut adalah sebagai berikut:

Halo  = qen!t
Selamat = plotye
Pagi  = operye
Semua = pguarte!
Hai  = lalauye?
Sore  = operpty! 

Sehingga arti dari kata qen!t lalauye?! adalah hai halo !.



2. Seorang arkeolog yang meneliti peninggalan-peninggalan sejarah menemukan sebuah kalimat-kalimat aneh pada ukiran candi. Sang arkelolog berhasil memecahkan kalimat "HGOX FRORAGNE YNTV" yang berarti "UTBK SEBENTAR LAGI". Lalu sang arkeolog menemukan kalimat lain "ORYNWNE LHX" Apakah arti dari kata tersebut??

A. Kurang Tau
B. Belajar Yuk
C. Semangat Aja
D. Sabarin Aja
E. UTBK Skuy


Dari keterangan soal dapat kita buat dalam urutan abjad seperti pada gambar berikut ini:


Sehingga arti dari kata "ORYNWNE LHX" adalah Belajar Yuk pada pilihan yang (B)



Nah itulah beberapa contoh soal bahasa panda dan pembahasannya. Dalam mengerjakan soal bahasa panda dianjurkan untuk berfikir kritis dalam mengerjakannya. Jika ada pertanyaan terkait postingan kali ini atau jika mau request contoh soal UTBK dan pembahasannya, jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar yah. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu agar semakin banyak yang terbantu dengan contoh soal ini. Selamat Belajar dan semoga sukses !!!
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Bahasa Panda dan pembahasannya Terbaru Part 1"

Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkomentar!!

Untuk Mendapatkan informasi-informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri kunjungi
Pojokmading.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel